Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kakaban Ijuk Sederhana Untuk Pemijahan Ikan

Cara membuat kakaban ijuk atau ada juga yang menyebutnya sebagai babakan ijuk untuk pemijahan ikan sebenarnya sangat mudah. Biasanya kakaban ijuk atau babakan ijuk ini memang sering digunakan oleh para pelaku usaha budidaya perikanan untuk memijahkan berbagai jenis ikan. Fungsi utama kakaban ijuk atau babakan ijuk ini sebagai tempat untuk menempel telur-telur hasil pemijahan.

Sebenarnya untuk membuat kakaban atau babakan untuk pemijahan ikan ini tidak hanya dari ijuk saja. Ada pembudidaya yang menggunakan paranet sebagai bahan baku kakaban, ada juga yang menggunakan sabut kelapa sebagai bahan pembuat kakaban ini.
Tetapi rekomendasi kami lebih baik menggunakan ijuk dibandingkan dengan bahan lainnya. selain itu, cara membuat kakaban ijuk juga dinilai lebih mudah. Banyak pembudidaya yang sudah menerapkan langkah ini.
Untuk cara membuat kakaban ijuk atau babakan ijuk untuk pemijahan ikan, silahkan simak informasi lengkapnya berikut ini .


Cara Membuat Kakaban Ijuk Sederhana Untuk Pemijahan Ikan


Cara Membuat Kakaban Ijuk Sederhana Untuk Pemijahan Ikan


Alat dan bahan yang diperlukan :
  1. Ijuk
  2. Bambu secukupnya
  3. Paku secukupnya
  4. Palu
  5. Pisau atau golok untuk memotong bambu


Cara pembuatan kakaban ijuk :
  1. Langkah yang pertama untuk membuat kakaban ijuk adalah memotong bambu dan membelahnya menjadi 6 bagian sama lebar. Sedangkan untuk panjang bambunya sesuaikan dengan kakaban yang akan dibuat. Sesuaikan juga ukuran kakaban dengan ukuran kolam pemijahan.
  2. Setelah itu, lakukan proses penyerutan agar bambu tidak tajam. Lakukan proses ini menggunakan alat bantu pisau yang tajam.
  3. Setelah bambu selesai di serut, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan ijuk untuk membuat kakabannya. Rapikan ijuk lalu potong sesuai ukuran yang telah anda tetapkan. Ukuran ideal untuk ijuk yang digunakan sebagai kakaban atau babakan yaitu 60 – 80 cm.
  4. Setelah ijuk terpotong rapi dengan ukuran yang telah disesuaikan, ambil bilah bambu yang telah diserut tadi lalu susun rapi ijuk diatas bambu tersebut. Setelah ijuk tersusun rapi, ambil bilah bambu lagi lalu jepit ijuk tersebut menggunakan 2 bilah bambu yang telah disiapkan sebelumnya.
  5. Selanjutnya paku kedua bambu yang menjepti ijuk agar lebih kuat.
  6. Kakaban siap untuk digunakan.



Gambar kakaban untuk pemijahan



Gambar Kakaban


Itulah cara pembuatan kakaban ijuk sederhana untuk pemijahan ikan. Sebaiknya gunakan bahan lain untuk menggantikan bambu. Karena bambu memiliki sifat yang mudah lapuk. sehingga akan lebih cepat membutuhkan perbaikan.

Cara pemakaian :

Cara pemakaian juga harus diperhatikan. Karena dengan cara pemakaian yang salah tentu akan mengakibatkan kakaban akan cepat rusak. Sebaiknya sebelum digunakan untuk pemijahan, ijuk disisir terlebih dahulu. Selain itu setelah selesai digunakan, kakaban jangan dijemur dibawah terik  matahari. Karena hal tersebut akan mengakibatkan kakaban menjadi mudah lapuk.