Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kembang Biak Pohon Tin Yang Bisa Digunakan Untuk Proses Pembibitan

Terdapat 3 cara kembang biak pohon tin yang bisa digunakan untuk proses pembibitan. Ketiga cara kembang biak pohon tin ini bisa kita kembangkan sendiri dengan mudah. Meskipun kita hanyalah seorang petani buah tin yang masih amatur atau pemula. Dan rata-rata tingkat persentasi keberhasilan memanfaatkan cara kembang biak pohon tin untuk proses pmebibitan ini cukup banyak yang berhasil.

Apa saja ketiga cara kembang biak pohon tin yang dimaksud diatas ?
Berikut ini informasi seputar cara kembang biak pohon tin yang akan kami berikan secara rinci untuk anda.

Cara Kembang Biak Pohon Tin Yang Bisa Digunakan Untuk Proses Pembibitan
Cara Kembang Biak Pohon Tin

1. Stek

Cara kembang biak pohon tin yang pertama yaitu stek. Stek ini bisa juga disebut kembang biak menggunakan batang atau pohon. Biasanya para petani buah tin yang menyediakan bibit buah tin banyak menggunakan metode ini. Stek dikenal sebagai cara kembang biak buah tin yang paling mudah. Cukup menancapkan batang saja maka pohon tin akan muncul tunas.

Stek juga ada dua jenis. Yaitu stek biasa dan stek sungkup. Stek sungkup adalah metode cara stek yang dibungkus dengan plastik. Dengan tujuan mempercepat pertumbuhan akar dan tunas pohon tin itu sendiri.


2. Cangkok

Cangkok menjadi alternatif lain untuk mengembangbiakkan pohon tin. Atau lebih tepatnya untuk proses pembibitan pohon tin. Cangkok ini memiliki persentase yang juga sama baik dengan metode stek. Bahkan pembibitan pohon tin menggunakan metode cangkok dipercaya memberikan hasil yang lebih baik. 

Hal ini didasari atas hasil proses pembibitan menggunakan teknik cangkok akan menghasilkan bibit yang identik dengan induknya. Tidak hanya untuk pohon tin saja. Tetapi untuk semua jenis pohon buah-buahan lainnya.


3. Menanam Buah Tin Dari Biji

Cara yang terakhir untuk cara kembang biak pohon tin yaitu menggunakan biji. Cara ini sangat jarang dilakukan oleh para penyedia bibit tin. Hal ini dikarenakan cara pembibitan buah tin menggunakan biji sangatlah lama. Dan hasilnya pun belum tentu maksimal. Sehingga cara ini sudah mulai ditinggalkan.

Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk melakukan pembibitan menggunakan biji. Setelah itu dilakukan teknik sambung atau teknik tempel. Tentu hasilnya juga tidak kalah maksimal dengan cara stek maupun cangkok.

Itulah cara kembang biak pohon tin yang bisa kita gunakan. Pilihlah cara yang paling mudah mneurut anda. Untuk rekomendasi dari kami gunakan saja teknik cangkok yang akan memberikan hasil lebih maksimal dibandingkan dengan cara lain.