Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pemberian Pakan Belut Yang Tepat Agar Belut Cepat Besar Dan Tidak Kanibal

Jadwal pemberian pakan belut yang tepat harus dipahami oleh setiap pelaku usaha budidaya belut. Karena dengan menerapkan dan merencanakan jadawal pemberian pakan belut yang tepat tentu saja akan membuat pertumbuhan belut menjadi lebih maksimal. Selain itu, dengan memberikan pakan yang tepat pada usaha budidaya belut, maka kita sudah melakukan upaya pencegahan sifat kanibalisme pada belut yang dapat merugikan usaha budidaya belut itu sendiri.




Jadwal pemberian pakan belut yang tepat juga sangat penting untuk memastikan berapakah jumlah pakan yang dibutuhkan hingga belut yang dibudidayakan dapat dipanen. Sehingga nantinya akan mempermudah kita dalam menganalisa jumlah modal yang diperlukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai jadwal pemberian pakan belut yang tepat agar belut dapat tumbuh maksimal dan tidak kanibal.


Jadwal Pemberian Pakan Belut Tahap 1

Jadwal pemberian pakan belut pada tahap 1 biasanya lebih mengutamakan pakan yang berasal dari alam misalnya plankton, cacing kecil, protozoa dan beberapa jenis hewan mikro lainnya. Pakan ini biasanya sudah tersedia dalam kolam pada saat proses persiapan kolam menggunakan pupuk kandang atau kompos dan sejenisnya. Sehingga, selama 1-2 minggu bibit belut yang baru di tebar dalam kolam tidak perlu diberikan pakan tambahan.

Pada minggu ketiga barulah belut diberikan pakan tambahan. Dan inilah tahap awal dalam jadwal peberian pakan belut yang benar. Jenis pakan tambahan yang biasa diberikan yaitu pakan buatan. Atau bisa juga diberikan pakan dari alam seperti keong, bekicot ataupun cacing. Dengan ukuran pakan yang disesuaikan terhadap mulut belut yang masih kecil. ukuran yang biasa digunakan pada tahap pertama ini yaitu 0,5 – 1 mm.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam jadwal pemberian pakan belut tahap pertama ini antara lain :
  • Ukuran pakan yang akan diberikan harus sesuai dengan ukuran mulut belut
  • Berikan pakan pada sore hari. Hal ini didasari atas kebiasaan belut yang mencari makan pada malam hari. Biasanya pada pukul 21.00-23.00
  • Jumlah pakan yang diberikan sebanyak 5% dari total bobot belut secara keseluruhan

Jadwal Pemberian Pakan Belut Tahap 2

Pada jadwal pemberian pakan belut tahap 2 tentunya berbeda dengan jadwal pemberian belut tahap 1. Pada pemberian pakan tahap 2, belut memerlukan pakan yang lebih intensif dibanding sebelumya. Maka dari itu, pada fase ini belut perlu diberikan pakan tambahan.

Untuk jenis pakan tambahan dapat berupa pakan buatan maupun pakan alami. Untuk perbandingannya dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar kolam. Yang terpenting pada tahap ini yaitu kandungan protein pada pakan belut diatas 50%.

Pada tahap ini jadwal pemberian pakan belut sebagai berikut :
  • Tidak ada aturan yang ketat mengenai pemberian pakan, yang terpenting jenis pakan yang digunakan lebih variatif
  • Jadwal pemberian masih sama pada tahap pertama. Karena pada dasarnya belut adalah hewan yang aktif pada malam hari.
  • Jumlah pakan yang diberikan pada tahap ini yaitu sebesar 5% dari total bobot belut


Itulah jadwal pemberian pakan belut yang tepat agar belut dapat cepat besar serta tidak bersifat kanibal. Yang terpenting dalam jadwal pemberian pakan belut ini adalah proses peletakan pakannya. Tempat pakan yang terbaik adalah tepat berada di saluran air kolam.