Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membedakan Ikan Mas Koki Jantan Dan Betina

Cara membedakan ikan mas koki jantan dan betina sangat dibutuhkan ketika kita akan membeli ikan mas koki di pasar ikan hias. Atau biasanya yang menyakan perbedaan ikan mas koki jantan dan betina adalah orang yang akan memulai usaha budidaya ikan mas koki. Sehingga ilmu yang terkait dengan cara membedakan ikan mas koki jantan dan betina wajib diketahui.


Cara Mudah Membedakan Ikan Mas Koki Jantan Dan Betina


Sebenarnya pada saat kita membeli ikan mas koki pada toko ikan hias, biasanya penjual akan memberitahu apakah ikan mas koki tersebut jantan atau betina. Tetapi mungkin saja ada beberapa orang yang belum benar-benar percaya. Karena bisa saja penjual tersebut berbohong.
Atas dasar itulah banyak orang yang mengatakan bahwa dasar-dasar perbedaan ikan mas koki jantan dan betina sangat diperlukan.

Berikut ini langkah yang dapat membantu anda dalam mengetahui perbedaan ikan mas koki jantan dan betina :


1. Anus

Cara pertama untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina yaitu dengan memeriksa bagian anus pada ikan mas koki yang akan dibedakan jenis kelaminnya. Biasanya untuk ikan mas koki jantan, bentuk anusnya agak rata. Sedangkan pada ikan mas koki betina bentuk anusnya sedikit menonjol keluar.


2. Postur Tubuh

Ini adalah cara umum yang banyak digunakan oleh beberapa orang untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina. Padahal cara ini adalah cara yang lumayan sulit. Terlebih jika ikan mas koki masih berukuran kecil. Tentu untuk membedakan postur tubuh antara ikan mas koki jantan dan betina akan sangat sulit.

Tetapi anda masih bisa mencobanya. Untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina melalui postur tubuhnya yaitu dilihat dari ukuran ikan mas koki itu sendiri. Biasanya postur tubuh ikan mas koki jantan dan betina agak berbeda. Pada ikan mas koki jantan memiliki bentuk tubuh yang agak ramping. Sedangkan pada ikan mas koki betina memiliki postur tubuh yag sedikit lebih bulat dan gemuk.


3. Warna Sirip

Langkah yang terkahir dan sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan melihat warna siripnya. Salah satu perbedaaan ikan mas koki jantan dan betina yaitu terletak dari warna ujung siripnya. Ikan mas koki jantan memiliki bintik-bintik berwarna putih pada ujung siripnya. Sedangkan ikan mas koki betina tidak memiliki bintik-bintik warna putih pada ujung siripnya.

Silahkan liat gambar berikut ini agar lebih jelas.

Cara Mudah Membedakan Ikan Mas Koki Jantan Dan Betina
Gambar Sirip Ikan Mas Koki Jantan


Cara Mudah Membedakan Ikan Mas Koki Jantan Dan Betina
Gambar Sirip Ika Mas Koki Betina   


Itulah cara mudah untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina. Silahkan terapkan pada ikan mas koki yang akan anda bedakan jenis kelaminnya.