Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Mas Koki Yang Sakit Berdasarkan Penyakitnya

Cara merawat ikan mas koki yang sakit sangatlah mudah. Yang terpenting kita telah mengetahui apa penyakit yang sedang diderita oleh ikan mas koki tersebut. Sehingga tidak salah dalam penanganannya. Dan tentunya akan lebih cepat teratasi atau terobati.


Cara Merawat Ikan Mas Koki Yang Sakit Berdasarkan Penyakitnya


Banyak sekali jenis penyakit yang biasa ditemukan pada ikan mas koki. Sehingga untuk mengetahui cara merawat ikan mas koki yang sedang sakit sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu  apa penyakit yang diderita oleh ikan mas koki tersebut.

Bagaiamana cara merawat ikan mas koki yang sakit dengan tepat ?
Berikut ini informasi lengkapnya untuk kita semua.


Cara Merawat Ikan Mas Koki Yang Sakit


1. Lernaea (Cacing Perioder)

Penyakit yang biasa diderita oleh ikan mas koki ini biasanya disebabkan oleh parasit yang melekat serta menusuk layaknya jarum. Biasanya bagian yang sering diserang yaitu pada tutup insang, badan, sirip serta mata. Untuk mnegenalinya kita bisa melihat tanda-tanda yang biasanya sering muncul pada ikan mas koki yang terjangkit penyakit ini. Yaitu tampak ada luka yang ada pada beberapa bagian tubuh ikan mas koki tergantung pada bagian mana yang diserang oleh parasit ini.

Cara mengobati ikan mas koki yang sakit karena parasit yaitu dengan cara perendaman. Perendaman menggunakan larutan dipterex atau sumition 50ec dengan dosis 1cc/m3air. Perendaman ini dilakukan selam 10 menit saja. Apabila ikan belum sembuh silahkan ulangi langkah tersebut.


2. Jamur

Penyakit yang sering menyerang ikan mas koki selanjutnya yaitu jamur. Penyakit ini biasanya mneyerang pada saat musim dingin atau jika di Indonesia banyak menyerang pada saat musim penghujan tiba. Tanda-tanda ikan mas koki yang terserang penyakit jamur yaitu tubuh ikan terlihat layaknya diselimuti kapas tipis. Bagian tubuh yang sering terserang pada umumnya kepala, tutup insang dan juga sirip.

Jika ikan mas koki terjangkit penyakit ini, cara pengobatannya cukup direndam menggunakan larutan malachite green dengan dosis 3 gr/ m3 air selam 20 menit. Jika ikan tidak menunjukan tanda-tanda perubahan. Sebaiknya lakukan langkah diatas hinga ikan mas koki benar-benar sehat.


3. Bakteri Aeromonas (Punctata)

Penyakit ini merupakan penyakit yang sering menyebabkan ikan mas koki mati. Biasanya penyakit ini akan menyerang pada permukaan badan ikan mas koki. Penyebabnya yaitu bakteri ganas aeromonas. Tanda-tanda ikan mas koki yang terserang penyakit ini yaitu badan ikan tidak cerah, sisiknya seperti melepuh, berenang lambat atau pasif dan sering mengambil oksigen dipermukaan air atau biasa disebut dengan megap-megap

Untuk merawat ikan mas koki yang sakit karena bakteri ini dapat dilakukan dengan cara melakukan karantina pada wadah khusus. Dan berikan pakan khusus yang sudah dicampur dengan 50mg terramicine untuk satu kilogram pakan. Berikan pakan ini selama 7 hari berturut-turut.  


4. Bakteri Pseudomonas

Tanda-tanda ikan mas koki yang terserang penyakit ini yaitu pada kulit atau sisik ikan mengalami pendarahan. Luka yang terjadi biasanya memborok atau lebih mudahnya yaitu sirip menjadai grepes dan lama-kelamaan akan habis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama pseudomonas flurescens.

Untuk merawat ikan mas koki yang sakit akibat bakteri pseudomonas flurescens ini yaitu dengan cara mengkarantina pada tempat khusus selama 7 hari. Pada mas karantina tersebut berikan pakan yang sudah dicampur dengan oxytetracylin sebanyak 25mg/kg pakan. Jika selama 7 hari ikan tidak kunjung sembuh. Lakukan langkah tersebut selama 7 hari lagi hingga ikan mas koki benar-benar sembuh.


Baca Juga :



5. Bintik Putih (White Spot)

Penyakit yang terakhir yaitu white spot atau biasa disebut sebagai bintik putih. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang sering menyerang ikan mas koki. Penyebabnya yaitu protozoa ichthyophitirius multifilis dan merupakan penyakit yang ganas. Jika ikan mas koki sudah terserang penyakit ini biasnya tanda yang akan muncul yaitu seluruh tubuh ikan mas koki akan dihiasi bintik kecil berwarna putih. Dan ikan mas koki yang terserang penyakit ini biasanya sering menggosokkan badannya di pinggir atau pada dinding kolam.

Cara merawat ikan mas koki yang sakit akibat protozoa ichthyophitirius multifilis bisa dilakukan perendaman dengan larutan methylene blue sebanyak 1gr dalam 100 cc air. Setelah itu, dalam 100 cc air tersebut diambil 4cc lalu campurkan dengan 4 liter air. Setelah itu rendam ikan mas koki pada air bervolume 4 liter tadi selama 24 jam. Jika belum sembuh pada perendaman yang pertama, lakukan proses tersebut hingga ikan mas koki sembuh dari penyakitnya.

Itulah cara merawat ikan mas koki yang sakit dengan benar. Cukup mudah bukan ?
Yang terpenting dalam merawat ikan mas koki yang sakit yaitu memperhatikan terlebih dahulu penyakit apa yangsedang diderita oleh ikan mas koki itu sendiri. Sehingga penangan yang kita lakukan tidak salah.