Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Mas Koki Di Akuarium Bulat Yang Benar Agar Ikan Mas Koki Tidak Mudah Mati

Cara merawat ikan mas koki di akuarium bulat banyak ditanyakan oleh para pecinta ikan mas koki. Hal ini karena cara merawat ikan mas koki di akuarium bulat tentu berbeda dengan cara merawat ikan mas koki pada akuarium jenis lain. Misalnya seperti pada akuarium biasa yang berbentuk persegi panjang. Sehingga cara merawat ikan mas koki di akuarium bulat dengan benar sangat dibutuhkan agar ikan mas koki yang kita pelihara tidak mudah mati.


Cara Merawat Ikan Mas Koki Di Akuarium Bulat Yang Benar Agar Ikan Mas Koki Tidak Mudah Mati


Jika anda merupakan pecinta ikan mas koki dan memiliki rumah dengan design yang minimalis tentu sangat cocok untuk menempatkan akuarium bulat yang berisi ikan mas koki. Tetapi yang menjadi permasalahan bahwa akuarium bulat ini ukurannya memang sangat kecil. sehinga perlu perhatian ekstra agar ikan yang ada di akuarium bulat bisa bertahan hidup dengan baik.

Untuk langkah-langkah merawat ikan mas koki di akurium bulat akan kami berikan infromasi lengkapnya dibawah ini :


Cara Merawat Ikan Mas Koki Di Akuarium Bulat


1. Perhatikan Kondisi Air

Hal pertama yang harus kita lakukan apabila akan memelihara ikan mas koki di akuarium bulat yaitu memperhatikan air yang ada pada akuarium tersebut. Akuarium bulat umumnya berukuran kecil hingga sedang. Sehingga air aka mudah kotor atau keruh. Tentu hal ini tidak baik untuk ikan mas koki.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengganti air pada akuarium bulat tersebut. Cara menggantinya juga tidak boleh asal. Karena akan menyebabkan ikan mas koki stress dan akhirnya mudah mati. Untuk itu, sebaiknya pada saat mengganti air pada akuarium bulat dilakukan sebanyak setengah dari volume air. Sehingga tidak terjadi perbedaan suhu yang sangat mencolok pada saat pemberian air baru.

2. Menjaga Kandungan Oksigen Terlarut Dalam Akuarium

Langkah selanjutnya dalam merawat ikan mas koki di akuarium bulat yaitu menjaga kandungan oksigen terlarut dalam akuarium. Kandungan oksigen terlarut ini sangat penting. Dan biasanya inilah yang menjadi fakrot utama ikan mas koki menjadi mudah mati. Ikan mas koki yang kekurangan oksigen terlarut tentu akan stress dan akhirnya mati.

Jika pada akuarium biasa tentu saja cara mengatasinya sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan bantuan aerator untuk menciptakan gelembung-gelembung udara yang berfungsi untuk meningkatkan kandungan oksigen terlarut didalam air. Tetapi jika menggunakan akuarium bulat tentu saja cara tersebut mustahil untuk dilakukan. Karena jika memaksa menggunakan aerator tentu keindahan dari akuarium bulat akan berkurang.

Langkah terbaik yaitu dengan cara mengisi air dengan volume yang tidak terlalu banyak. Dengan begitu daya ikat air terhadap oksigen diluar akuarium akan lebih banyak dan lebih baik. Selain itu, jangan menambahkan tumbuhan air yang terlalu banyak. Karena tumbuhan air tersebut dapat menyerap kandungan oksigen yang ada dalam air.

3. Kontrol Pemberian Pakan

Langkah yang terakhir yaitu dengan mengontrol pemberian pakan. Kenapa langkah ini harus dilakukan ?
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa pada akuarium bulat memiliki kekurangan yakni minimnya kandungan oksigen terlarut. Oleh karena itu, apabila pemberian pakan yang dilakukan berlebih tentu akan membuat keadaaan semakin buruk.

Itulah cara merawat ikan mas koki di akuarium bulat yang benar. Selain dari langkah-langkah diatas, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan. Yaitu membatasi populasi ikan. Jangan sampai populasi yang ada pada akuarium melebihi batas maksimal. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja ikan mas koki akan mudah mati.