Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Dan Tidak Mudah Mati

Banyak yang mencari informasi cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati. Sebenarnya banyak sekali yang sudah membagikan informasi cara merawat ikan mas koki agar cepat besar. Tetapi banyak dari cara yang diberikan oleh sebagian orang tidak berhasil ketika kita terapkan. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati.


Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Dan Tidak Mudah Mati


Untuk cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah tentu saja ada beberapa hal atau beberapa aspek yang harus dipenuhi. Sebagai contoh untuk membuat ikan mas koki cepat besar dan tumbuh sehat yaitu pada pengunaan pakan yang ideal dan sesuai prosedur. penggunaan pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhan ikan mas koki tentu akan membuat ikan mas koki akan lebih  cepat besar. Selain itu, seperti tempat misalnya. Tempat atau kolam juga sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan ikan mas koki secara maksimal.

Untuk lebih  jelasnya terkait dengan informasi cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dapat anda simak informasinya sebagai berikut.


Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Cewpat Besar

1. Kualitas Air
Cara merawat ikan mas koki agar cepat besar yang pertama yaitu memperhatikan kualitas air yang kita gunakan. Baik itu pada akuarium maupun pada kolam. Air untuk ikan mas koki harus memenuhi beberapa persayaratan khusus. Diantaranya sebagai berikut :
  • PH air sebaiknya 7.0-8.0
  • Air yang digunakan sebaiknya bebas dari klorin, phenol, merkuri, kadmium atau insektisida.
  • Suhu ideal yang disarankan yaitu 20-25 derajat celcius.

Selain memenuhi persyaratan diatas, sebaiknya kita juga memperhatikan tingkat kekeruhan air yang digunakan untuk merawat ikan mas koki. Jika tempat yang digunakan untuk merawat ikan mas koki tidak dilengkapi dengan aerator, sebaiknya dilakukan penggantian air secara rutin.


2. Ukuran Akuarium

Ukuran akuarium juga menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan dalam merawat ikan mas koki. Untuk merawat ikan mas koki agar cepat besar sebaiknya dalam penggunaan akuarium di sesuaikan dengan populasinya. Sehingga ikan mas koki dapat lebih leluasa dan terhindar dari stress.

Volume  ideal untuk akuarium ikan mas koki yaitu 38 liter sampai 56 liter air. Volume ini hanya untuk satu ekor ikan mas koki dewasa saja. Apabila populasi ikan mas koki yang ada pada akuarium lebih dari itu, silahkan tambahkan volume air sesuai dengan tetapan diatas.

3. Pakan

Cara merawat ikan mas koki agar cepat besar selanjutnya yaitu memperhatikan kebutuhan pakan untuk ikan mas koki. Ikan mas koki yang kekurangan pakan tentu saja akan membuat pertumbuhannya menjadi lambat. Sementara jika pemberian pakan berlebihan juga akan berdampak tidak baik bagi ikan mas koki itu sendriri. Pemberian pakan yang berlebihan tentu saja hanya akan membuat akuarium menjadi cepat kotor dan menyebabkan banyak parasit yang akan menyerang ikan mas koki tersebut.

Untuk pemberian pakan ikan mas koki yang benar silahkan likuti panduan pemberian pakan untuk ikan mas koki berikut ini :
  • Ikan mas koki sebaiknya diberikan pakan yang bergizi dan berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan serta kecantikan ikan mas koki tersebut. Terlebih jika anda menginginkan ikan mas koki agar cepat besar.
  • Pemberian pakan sebaiknya sesuai dengan dosis ikan mas koki, yakni 3-5 persen dari total bobot tubuhnya
  • Sementara untuk ikan mas koki yang baru menetas tidak diberikan pakan selam 4-5 hari. Hal ini dikarenakan anakan ikan mas koki masih memiliki kantung kuning telur (yolk sac) yang merupakan cadangan makanan.
  • Frekuensi pemberian pakan sebaiknya dilakukan sebanyak minimal 4 kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dalam lambungnya berkisar antara 3-4 jam.

Baca Juga : Cara Agar Warna Ikan Mas Koki Tetap Cerah


Untuk jenis pakan ikan mas koki ada beberapa jenis yang disarankan. Berbagai jenis pakan tersebut diantaranya pellet atau pakan pabrikan, cacing darah, cacing sutera dan kutu air. Pakan yang paling baik yaitu pakan kutu air dan tentunya juga pakan pabrikan.

Itulah cara merawat kan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati. Faktor utama yang paling mempengaruhi yaitu pakan dan juga kualitas air. Jika kedua bagian penting tersebut berhasil anda terapkan dengan baik sesuai dengan prosedur kebutuhan atau syarat hidup ikan mas koki yang ideal. Tentu saja ikan mas koki yang anda pelihara akan cepat besar dan tidak mudah mati.