Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Di Akuarium Tanpa Oksigen Agar Tetap Hidup

Banyak yang mnegatakan bahwa memelihara ikan mas koki tanpa oksigen dan aerator didalam akuarium akan membuat ikan mas koki tersebut cepat mati. Bahkan banyak yang mengira bahwa memelihara ikan mas koki di akuarium tanpa oksigen tidak akan mampu bertahan lama. Padahal pernyataan ini sangat salah sekali.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Di Akuarium Tanpa Oksigen Agar Tetap Hidup

Mungkin ada beberapa pengalam dari penggemar ikan mas koki yang mengalami ikan mas koki-nya mati akibat dipelihara di akuarium tanpa aerator. Atas dasar inilah mereka mengatakan bahwa memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator di akuarium tidak akan bertahan lama.

Sebenarnya ikan mas koki dapat bertahan hidup lebih lama di dalam akuarium meskipun tanpa oksigen. Tentunya dengan berbagai perlakukan khusus agar ikan mas koki tersebut mampu bertahan hidup. Ada beberapa cara untuk memelihara ikan mas koki tanpa oksigen diakuarium agar tetap hidup. Berikut ini tips yang mungkin bisa membantu.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen Dan Aerator Di Akuarium

1. Ganti Air Secara Rutin

Langkah pertama yang harus dilakukan apabila akan memelihara ikan mas koki di akuarium tanpa aerator yaitu selalu menjaga kualitas air secara rutin. Langkah ini harus dilakukan. Karena jika ikan mas koki dipelihara tanpa oksigen atau aerator, tentu kandungan oksigen terlarut yang ada diadalam air sangat minim. Terlebih jika memeliharanya didalam akuarium. Tentu hal ini tidak mendukung terhadap kelangsungan hidup ikan mas koki itu sendiri.

Solusi yang terbaik yaitu dengan cara mengganti air sesering mungkin. Langkah ini dilakukan untuk memberikan asupan oksigen yang lebih banyak untuk ikan mas koki tersebut. Karena air baru atau air yang masih fresh tentu saja akan memiliki kandungan oksigen terlarut yang cukup tinggi.

Tetapi jika memeilihara ikan mas koki dalam kolam yang cukup luas, tidak menggunakan aerator tidak masalah. Karena air yang berada didalam kolam tentu saja akan tertiup oleh angin dan udara luar. Proses ini sangat memungkinkan kandungan oksigen terlarut dalam kolam ikan mas koki tetap terjaga.

Sedangkan jika memelihara ikan mas koki di akuarium, sebaiknya tetap gunakan aerator agar kandungan oksigen terlarut dalam air tetap terjaga. Sehingga ikan mas koki tetap bisa bertahan hidup. 


2. Kurangi Dan Jaga Volume Air

Langkah yang kedua jika kita berniat untuk memelihara ikan mas koki di akuarium tanpa oksigen yaitu dengan cara sedikit mengurangi volume air yang ada pada akuarium. Prinsip utama cara ini yaitu sama pada prinsip pemeliharaan ikan mas koki yang ada dikolam. Kita bisa melihat bahwa ikan mas koki dapat hidup didalam kolam meskipun tanpa oksigen bukan ?

Dengan mengurangi volue air yang ada pada akuarium, diharapkan udara luar dapat menggerakkan air yang ada di akuarium tersebut, tepatnya pada permukaan air di akuarium.

Seperti hukum fisika, jika pada permukaan air terdapat gerakan atau percikan akan dapat menangkap oksigen yang lebih banyak. Sehingga yang diharapkan dengan mengurangi volume air ini dapat membuat kandungan oksigen terlarut dalam air pada akuarium menjadi lebih banyak. Sehingga ikan mas koki dapat bertahan hidup meskipun dipelihara tanpa oksigen maupun aerator.

Baca juga :



3. Menjaga Suhu Air Akuarium

Ternyata suhu air juga sangat penting jika kita akan memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator di akuarium. Karena pada prinsipnya suhu air dapat mempengarui daya ikat air terhadap oksigen dipermukaan. Suhu air yang sejuk memiliki daya ikat yang lebih kuat dibandingkna dengan suhu air yang tinggi.

Prinsip ini sudah dipakai oleh banyak orang. Mungkin kalian pernah melihat kolam ikan mas koki ditutup menggunakan dedauanan atau ranting. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu air agar tetap mampu mengikat oksigen dengan kuat.

Selain 3 langkah diatas, ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika kita akan memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator di akuarium. Berikut ini tipsnya :
  • Kurangi kepadatan ikan dalam akuarium. Karena pada prinsipnya semakin banyak populasi ikan dalam akuarium, maka penggunaan oksigen terlarut dalam air semakin banyak.
  • Tetep jaga suhu air di akuarium, dan usahakan tetap stabil. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya ikat air terhadap oksigen.
  • Usahakan terdapat percikan air pada permukaan air di akuarium, atau setidaknya bergerak tertiup udara. Dengan cara ini air akan mengikat oksigen di udara lebih banyak.
  • Ketika ikan mas koki lebih aktif untuk bergerak, tentu akan membutuhkan konsumsi  oksigen yang lebih banyak. Untuk itu jaga agar ikan mas koki tidak begitu aktif bergerak. Caranya dalah dengan menjaga suhu air tetap rendah atau sejuk. Karena pada suhu yang rendah, ikan mas koki cenderung mengurangi pergerakannya dan lebih pasif. Hal ini dikarenakan suhu yang rendah akan membuat tingkat metabolisme tubuh pada ikan akan berkurang, sehingga ikan akan menjadi lebih pasif.


Baca Juga : Cara Agar Warna Ikan Mas Koki Tetap Cerah



Itulah cara memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator di akuarium. Mungkin saja cara ini dapat sedikit membantu ketika akan memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator di akuarium. Meskipun sebenarnya memelihara ikan mas koki tanpa oksigen atau aerator tidaklah disaranakan. Dan merupakan cara pemeliharaan ikan mas koki yang sangat buruk. Terlebih jika dipelihara dalam akuarium.