Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ikan Yang Paling Mudah Menguntungkan Dan Cocok Untuk Usaha Sampingan

Sebagai seorang  pemula yang akan terjun di dunia perikanan, sebaiknya memilih jenis usaha budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan. Apalagi jika tujuan usaha budidaya perikanan tersebut hanya sebagai sampingan. Tentu memiih jenis usaha budidaya ikan yang paling mudah akan membuat proses pengelolaannya akan menjadi lebih mudah pula.



Sebenarnya ada beberapa jenis usaha budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan. Baik untuk ikan air tawar maupun ikan laut atau payau. Tetapi kali ini akan kami berikan informasi seputar usaha budidaya ikan air tawar yang paling mudah menguntungkan.

Mengapa harus ikan air tawar ?

Karena ikan air tawar merupakan jenis budidaya ikan yang paling mudah. Budidaya ikan air tawar cenderung membutuhkan perawatan yang lebih simple dibandingkan dengan ikan laut atau air payau. Oleh karena itu, sebagai pemula sebaiknya pilih budidaya ikan air tawar saja. Terlebih jika untuk usaha sampingan.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa informasi terkait dengan usaha budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan untuk pemula. Dan tentunya juga cocok untuk usaha sampingan.


Usaha Budidaya Ikan Yang paling Mudah Menguntungkan Dan Cocok Untuk Usaha Sampingan


 1. Budidaya Lele

Jenis usaha budidaya ikan yang paling mudah dan menguntungkan yang pertama yaitu budidaya ikan lele. Budidaya ikan lele merupakan salah satu budidaya`ikan air tawar yang paling populer. selain cara budidayanya yang tergolong cukup mudah, usaha budidaya lele juga lebih cepat menguntungkan. Karena budidaya ikan lele dapat di usahakan menjadi lebih cepat panen dari waktu standar yang dibutuhkan oleh ikan lele tersebut.

Selain itu, teknik budidaya ikan lele juga sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Banyak sekali metode atau teknik budidaya ikan lele yang sudah mau dan terbilang sangat efisien untuk meningkatkan atau memaksimalkan hasil panen budidaya ikan lele tersebut. Seperti teknik budidaya ikan lele sistem bioflok misalnya. Teknik ini mampu menebar benih ikan lele dengan kepadatan yang sangat tinggi. Dan terbukti cukup efektif dalam pemanfaatan lahan untuk budidaya ikan lele itu sendiri.


2. Budidaya Ikan Nila

Budidaya ikan nila juga termasuk ke dalam jenis budidaya ikan yang paling mudah dan juga menguntungkan. Budidaya ikan nila menjadi budidaya ikan air tawar yang populer kedua setelah budidaya ikan lele. Salah satu keunggulan dari budidaya ikan nila ini yaitu proses pemasarannya yang juga sangat cepat. Karena ikan ini masuk kedalam jenis ikan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kelamahan dalam budidaya ikan nila yaitu biasanya ikan ini lebih mudah memijah. Mungkin untuk usaha budidaya ikan nila yang tujuan awalnya adalah untuk penyediaan bibit, karakter ikan nila ini akan sangat menguntungkan. Tetapi jika usaha budidaya ikan nila ini untuk konsumsi atau pembesaran, tentu akan sangat merugikan.

Tetapi kelemahan dari ikan nila ini sudah dapat diatasi oleh para peternak ikan nila. Caranya dengan membudidayakan ikan nila sistem monosex. Yaitu memelihara ikan nila dengan jenis kelamin sama. Biasanya ikan nila dengan jenis kelamin jantan yang digunakan untuk sistem budidaya ikan nila monosex.


3. Budidaya Ikan Gurame

Budiaya ikan yang  paling mudah berikutnya yaitu budidaya ikan gurame. Budidaya ikan gurame merupakan budidaya ikan air tawar yang paling mudah dari semua jenis ikan air tawar lainnya. Tidak heran jika banyak masyarakat yang membudidayakan ikan ini di sekitar pekarangan rumah.

Yang menjadi alasan ikan ini merupakan jenis budidaya ikan yang paling mudah yaitu karena kebutuhan pakannya yang tergolong sangat murah. Ikan gurame dapat diberikan pakan hijauan saja, seperti daun talas, daun singkong maupun daun pepaya.

Dengan kebutuhan pakan yang minim, tentu budidaya ikan jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Meskipun hasil yang didapatkan tentu saja tidak begitu maksimal. Namun dalam level usaha sampingan masih tergolong ke dalam usaha yang menguntungkan.


4. Budidaya Ikan Cupang

Ikan ini memang bukan golongan dari jenis ikan konsumsi, tetapi prospek penjualannya sangat menjanjikan. Karena ikan ini sudah masuk ke dalam kategori komoditas ekspor. Selain itu, ika ini juga sangat digemari bukan karena kecantikannya saja. Melainkan terdapat beberapa event yag membuat pejualan ikan ini menjadi sangat baik. Hal inilah yang membuat ikan cupang masuk ke dalam salah satu jenis budidaya ikan yang paling mudah mengutnungkan.

Selain itu, budidaya ikan cupang ini sangat cocok untuk sampingan. Karena membudidayakan ikan hias tidak sama seperti membudidayakan ikan konsumsi yang membutuhkan perawtan ekstra. Terlebih jika kita bisa membudidayakan ikan cupang yang siap tarung dan memiliki mental juara. Tentu harga ikan cupang akan menjadi sangat mahal. Dan tentunya sangat menguntungkan bukan ?


5. Budidaya Ikan Mas Koki

Jenis budidaya ikan hias lainnya yang juga termasuk ke dalam jenis budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan yaitu budidaya ikan mas koki. Berbeda dengan ikan cupang, ikan ini lebih diminati oleh penggemar ikan hias. Tetapi ada juga beberapa ikan mas koki yang memang dikhususkan untuk mengikuti kontes.

Keuntungan membudidayakan ikan mas koki ini yaitu modal awalnya yang tidak begitu banyak. Bahkan hanya menggunakan modal lima ratus ribuan saja kita bisa memulai usaha budidaya ikan mas koki.


6. Budidaya Belut

Jenis budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan selanjutnya yaitu budidaya belut. Budidaya belut memiliki prospek yang sangat baik untuk kedepannya. Belut merupakan salah satu hewan air yang digemari oleh masyarakat. Harganya pun tergolong cukup mahal.

Kendala dari budidaya belut adalah prosesnya yang sedikit lebih rumit. Selain itu, belum ada teknik budidaya belut yang intesif seperti budidaya lele ataupun jenis ikan lainnya. dan  kami rasa sebagai pemula usaha belut tidak begitu cocok. Tapi tetap layak untuk di coba, bahkan sangat layak.

Itulah berbagai informasi seputar jenis budidaya ikan yang paling mudah menguntungkan dan cocok sebagai usaha sampingan. Yang paling kami rerkomandasikan apabila anda membudidayakan ikan ini hanya untuk sebagai sampingan. Sebaiknya pilih jenis usaha budidaya ikan hias. Alasannya karena ikan hias lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan ikan konsumsi seperti lele atau ikan nila.