Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ternak Belut Yang Direkomendasikan Agar Cepat Besar

Pakan ternak belut sebenarnya sangat banyak dan mudah ditemui di alam. Karena pada dasarnya pakan ternak belut ini kebanyakan berasal dari alam. Hanya sedikit para pelaku usaha budidaya belut yang menggunakan pakan pabrikan. Mungkin ada beberapa dari mereka yang menggunakan pakan buatan sebagai pakan ternak belut.




Sejatinya untuk pakan ternak belut yang baik yaitu pakan dari alam. Dan biasanya belut akan lebih menyukainya dibandingkan dengan pakan pabrikan atau pakan buatan sendiri. Untuk lebih jelasnya terkait dnegan informasi pakan ternak belut. Berikut ini rangkuman lengkap untuk anda :


1. Cacing Tanah

Pakan ternak belut yang pertama yaitu cacing tanah. Cacing menjadi pilihan pertama karena jenis pakan ini sangat mudah untuk ditemui. Juga saat ini sudah banyak yang mulai membudidayakan cacing tanah. Sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Atau bisa juga kita membudidayakannya sendiri. Karena cacing tanah termasuk ke dalam hewan yang mudah untuk diternakan.
Selain itu, cacing tanah sangat disukai oleh belut. Dan kandungan protein cacing tanah juga mencukupi untuk kebutuhan protein dari belut itu sendiri.


2. Keong Mas

Keong mas atau keong saawah juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pakan ternak belut. Keong sawah atau keong mas selain memiliki kandungan protein yang tinggi. Pakan ini juga sangat disukai oleh belut. Dan merupakan salah satu jenis pakan alami untuk belut di alam liar. Jumlahnya dialam liar juga cukup melimpah. Sehingga tidak akan kesulitan untuk mencari keong mas sebagai pakan ternak belut.


3. Ikan Kecil Atau Ikan Rucah

Sebenarnya lebih baik ikan kecil dibandingkan rucah. Karena jika ikan rucah biasanya belut tidak begitu nafsu untuk memakannya. Tidak seperti ikan-ikan kecil yang memang salah satu jenis pakan alami belut di alam liar selain keong mas. Jika dibandingkan dengan keong mas, maka ikan-ikan kecil ini akan  lebih baik.
Kandungan proteinnya juga tidak kalah dengan jenis pakan lainnya. Kendalanya hanyalah sulitnya untuk mendapatkan pakan jenis ini.


4. Bekicot

Sama halnya dengan keong mas atau keong sawah. Bekicot juga bisa kita gunakan sebagai pakan ternak belut. Kandungan proteinnya juga cukup baik. Namun kendala dari jenis pakan ini yaitu belut tidak begitu menyukainya. Jadi, sebaiknya ketika kita memilih pakan ini jangan diberikan secara terus menerus. Berikan jeda beberapa waktu dengan selingan pakan jenis lainnya semisal ikan-ikan kecil ataupun cacing tanah.


 5. Pakan Buatan

Pakan buatan juga banyak digunakan oleh para pembudidaya belut. Pakan buatan ini biasa disebut dengan pastel. Kelebihannya memang lebih praktis. Namun untuk tingkat efisiensinya lebih baik pakan dari alam. Karena belut akan lebih menyukai pakan dari alam ketimbang pakan buatan sendiri. Terlebih jika belut yang sedang kita budidayakan adalah belut yang berasal dari alam liar. Tentu akan sulit sekali jika diberikan pakan pabrikan atau pakan buatan sendiri seperti pastel.