Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Budidaya Belut Ternyata Lebih Menjanjikan

Mengelola usaha budidaya belut bukan tanpa alasan. Alasan utama dalam mengelola usaha budidaya belut yaitu keuntungan yang akan didapatkan. Keuntungan budidaya belut tidak bisa dianggap remeh. Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa keuntungan budidaya belut tidak terlalu menggiurkan. Padahal hasilnya akan lebih banyak dari usaha perikanan lain bila dikelola dengan baik.

budidaya belut


Banyak sekali para pemula yang sudah terjun pada usaha budidaya belut. Itulah salah satu bukti bahwa keuntungan budidaya belut ini sangat banyak dan menggiurkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rangkuman yang telah kami siapkan terkait dengan keuntungan budidaya belut : 


1. Pakan

Keuntungan budidaya belut yang pertama yaitu soal pakan. Meskipun pakan belut tidak seperti pakan lele yang mudah didapatkan, tetapi pakan belut ini memiliki harga yang sangat ekonomis. Dan informasi menariknya yaitu pakan belut ini meskipun memiliki harga yang ekonomis tapi akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan belut pada kolam pembesaran.

Makanan belut pada dasarnya berasal dari hewan-hewan kecil. Inilah yang kami sebut mengapa keuntungan budidaya belut yang pertama yaitu dari segi pakan. Hewan kecil ini bisa kita cari disekitar rumah seperti cacing dan siput. Selain kedua jenis pakan tersebut, belut juga bisa diberikan pakan cicahan keong dan cincangan ikan rucah.


2. Tempat Budidaya

Keuntungan budidaya belut yang selanjutnya yaitu dilihat dari tempat budidaya. Mengelola usaha buidaya belut tidaklah serumit yang dibayangkan. Terlebih untuk kolam atau tempat usaha budidaya belutnya. Mungkin dalam benak kita terbesit bahwa budidaya belut memerlukan media lumpur yang notabene susah untuk di siapkan. Pada kenyataannya pembuatan media belut tidak sesulit yang anda bayangkan.

Selain itu, budidaya belut tidak membutuhkan media kolam yang cukup besar. Sebagai pemula, anda bisa menggunakan tong bekas sebagai kolam. Setelah dirasa cukup memuaskan dan dinilai cukup berhasil, barulah gunakan kolam dengan ukuran yang lebih luas.


3. Harga Jual Tinggi

Keuntungan budidaya belut lainnya yaitu terletak pada harga jual. Belut merupakan salah satu hasil budidaya perikanan yang memiliki nilai jual diatas ata-rata. Jika dibandingkan dengan total biaya produksi, tentu saja harga belut ini akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Mengingat pakan yang digunakan untuk budidaya belut ini merupakan pakan yang berasal dari alam.
 

4. Mudah Dalam Pemasaran

Selain harga jual tinggi, keuntungan budidaya belut yang akan anda dapatkan sebagai pembudidaya belut yakni mudahnya dalam pemasaran pasca panen. Belut menjadi salah satu konsumsi favorit masyarakat Indonesia. Bahkan bagian sebagian orang belut ini dipercaya sebagai penambah darah dari golongan hewani.

Untuk memasarkan belut hasil budidaya, anda cukup menjajakan di pinggir jalan. Tidak membutuhkan waktu lama belut yang anda jual akan habis terjual. Hal ini dikarenakan belut sangat jarang ditemui dipasaran. Sehingga animo masyarakat masih cukup tinggi. Selain itu, anda juga bisa menawarkan pada pengepul ikan. Dengan senang hati mereka akan membeli  belut hasil budidaya anda.