Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Usaha Budidaya Dengan Modal Rutusan Ribu Saja

Ingin memulai usaha budidaya tetapi terkendala dengan modal ?
Mungkin beberapa usaha budidayan yang akan kami bahas kali ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam memulai usaha budidaya. Memang ada beberapa jenis usaha budidaya dengan modal ratusan ribu. Atau banyak yang mengatakan usaha budidaya dengan modal sedikit.  Pernyataan itu memang tidak salah.

Gambar : Usaha Perikanan Modal Kecil

Beberapa usaha perikanan atau usaha budidaya dengan modal ratusan ribu bisa menjadi solusi bagi anda yang mencari jenis usaha budidaya modal sedikit. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai bahan belajar atau mencari pengalaman dalam dunia wirausaha. Terutama pada usaha budidaya perikanan.

Berikut ini informasi mengenai jenis usaha budidaya dengan modal ratusan ribu atau usaha budidaya dengan modal sedikit.


1. Budidaya Ikan Cupang

Jenis usaha budidaya modal sedikit yang pertama yaitu budidaya ikan cupang. Budidaya ikan cupang dapat kita mulai dengan modal ratusan ribu saja. Bahkan dengan uang seratus ribu kita sudah bisa memulai usaha budidaya ikan cupang.

Berbeda dengan usaha budidaya perikanan lainnya. Ikan cupang bisa kita mulai tanpa harus menyiapkan kolam luas. Cukup menggunakan kubangan untuk memlihara indukannya. Dan menggunakan bak penampungan seadanya untuk pemijahan. Sementara setelah berhasil memijah, anakan ikan cupang bisa kita pelihara dalam wadah atau bisa juga menggunakan botol-botol bekas. Cukup murah bukan ?
Inilah yang membuat budidaya ikan cupang bisa dibilang salah satu jenis usaha budidaya dengan modal ratusan ribu. Untuk cara pemijahan ikan cupang bisa anda lihat di sini


2. Budidaya Ikan Mas Koki

Jenis usaha budidaya ikan hias selanjutnya yang masuk ke dalam jenis usaha budidaya modal sedikit yakni budidaya ikan mas koki. Sama seperti ikan cupang, ikan mas koki tidak harus menggunakan kolam dengan ukuran yang besar untuk membudidayakannya. Ikan mas koki bisa kita budidayakan mulai dari bak penampungan bahkan menggunakan akuarium. Yang terpenting pasokan oksigen dalam air tetap terjaga.

Banyak pengusaha ikan mas koki yang mulai dari sini dalam merintis usaha budidaya ikan mas kokinya. Dengan modal seadanya mereka berhasil membudidayakan ikan mas koki. Dan yang lebih memudahkan lagi, ikan mas yang cukup tinggiki ini memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi.


3. Budidaya Ikan Guppy

Budidaya dengan modal ratusan ribu lainnya yaitu usaha budidaya ikan hias guppy. Budidaya ikan guppy ini masuk ke dalam jenis usaha budidaya modal kecil. Yang membuatnya masuk kedalam kategori tersebut yaitu proses budidayanya yang sangat mudah, simple dan murah. Ketiga kata inilah yang bisa menggambarkan betapa mudahnya budidaya ikan guppy.

Budidaya ikan gupy bisa dilakukan dimana saja. Di bak penampungan, kubangan bahkan di di comberan ikan ini dapat berkembang biak dengan baik. Sehingga akan sangat mudah dalam proses pemijahan secara alaminya. Yang mungkin akan menjadi kendala dari usaha ini yaitu proses pemasaran yang tidak sebaik ikan cupang dan juga ikan mas koki, tetapi usaha ini patut anda coba. Terlebih sebagai pemula.


4. Budidaya Kutu Air

Usaha dengan modal sedikit yang terkahir yaitu usaha budidaya kutu air. Budidaya kutu air menjadi salah satu usaha yang murah dan mudah. Bahan baku yang digunakan hanyalah limbah. Dan lebih mudahnya lagi kutu air ini dapat dengan mudah berkembang biak secara alami.

Untuk penjualan, kutu air memiliki pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Banyak sekali para pelaku usaha budidaya ikan hias yang mau menerima kutu air secara konitnyu. Hanya saja permasalahan atau kendala yang harus dihadapi yaitu kebersihan dan kesehatan yang mungkin akan sedikit terganggu.