Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Cici Ikan Belalai Gajah, Jenis, Spesies Dan Keunikannya

Ikan Belalai Gajah merupakan ikan endemik benua Afrika, ikan ini berasal dari sungai-sungai di Afrika Barat dan Tengah. Khususnya pada cekungan hilir sungai niger, sungai ogun dan hulu sungai chari. Ikan Belalai Gajah ini adalah jenis ikan yang sangat unik. Hal ini disebabkan oleh cara ikan Belalai Gajah yang mencari mangsa menggunakan elektrolokasi. Sehingga ikan ini disebut sebagai ikan ektotermik. Yang merupakan spesies dari Genus Gnathonemus dan famili Mormyridae.

Ikan belalai gajah


Ikan ini jenis hewan vertebrata dan tinggal di sungai yang memiliki arus tidak begitu deras. Biasanya ikan Belalai Gajah akan tinggal di daerah berlumpur atau di dasar-dasar sungai. Yang biasanya terdapat batang yang tenggelam.


Ciri-Ciri Fisik Ikan Belalai Gajah

Sesuai dengan namanya, ikan Belalai Gajah memiliki ciri-ciri fisik yang menyerupai belalai pada gajah di kepalanya. Namun belalai pada kepala ikan ini bukanlah belalai yang biasa kita temui pada gajah. Tetapi berupa bagian mulut ikan Belalai Gajah yang sangat panjang hingga menyerupai Belalai Gajah pada umumnya.

Fungsi mulut yang panjang menyerupai Belalai Gajah ini yaitu untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam dirinya. Selain itu, ikan Belalai Gajah juga memanfaatkan bentuk mulutnya yang panjang ini untuk mencari cacing serta serangga sebagai makananya. Sekaligus sebagai alat navigasi dan alat berkomunikasi.

Pada belalai atau mulut ikan Belalai Gajah ini memiliki lapisan yang bernama elektroreseptor. Yang memiliki kandungan medan listrik. Tidak hanya di mulutnya yang menyerupai Belalai Gajah, kandungan medan listrik pada ikan ini juga terdapat pada seluruh bagian tubuhnya.
Kandungan listrik inilah yang juga digunakan untuk menyengat mangsanya yang berenang disekitar ikan Belalai Gajah. 


Makanan Dan Rentang Hidup Ikan Belalai Gajah

Ikan Belalai Gajah merupakan ikan karnivora yang memakan serangga dan hewan kecil lainnya seperti cacing. Ikan ini mencari mangsanya menggunakan kandungan medan listrik yang ada pada ujung mulutnya.
Sementara untuk rentang hidupya, ikan Belalai Gajah dapat hidup mencapai 6 – 10 tahun. Bahkan ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa ada ikan Belalai Gajah yang mampu hidup diatas rentang waktu tersebut.