Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemijahan Belut Tanpa Lumpur Yang Bisa Kita Lakukan

Banyak para pelaku usaha budidaya belut yang bertanya cara pemijahan belut tanpa lumpur. Memang pemijahan belut tanpa lumpur sendiri bisa diakatakan sebuah terobosan yang sangat efektif untuk dunia budidaya belut. Jika kita mampu melakukan pemijahan belut tanpa lumpur. Bukan tidak mungkin hasil benih belut yang kita dapat jauh lebih banyak atau jauh lebih aksimal. Hal ini dikarenakan jika kita melakukan pemijahan belut tanpa lumpur, maka benih belut akan mudah di ambil tanpa harus memilah dan memisahkan antara media (lumpur) dengan benih belut. Dan diharapkan tidak akan ada lagi benih belut yang tertinggal dilumpur.

Cara Pemijahan Belut Tanpa Lumpur Yang Bisa Kita Lakukan


Selain hal diatas, jika kita mampu melakukan pemijahan belut tanpa lumpur. Tentunya waktu yang diperlukan untuk menghasilkan bibit belut akan lebih efesien. Karena tahapan pemisahan media pemijahan dengan benih tidak akan pernah dilakukan apabila berhasil melakukan pemijahan belut tanpa lumpur.

Pada kenyataannya proses pemijahan belut tanpa lumpur ini belum bisa dilakukan. Hal ini disebabkan bahwa belut memijah sesuai dengan habitat aslinya di alam liar. Yakni lumpur dengan aliran air bersih dengan debit yang minim. Sehingga, ketika kita memaksakan untuk melakukan pemijahan belut tanpa lumpur. Yang terjadi adalah belut tidak akan melakukan proses pemijahan.

Kemungkinan diatas bukan tidak mungkin terjadi. Karena prose pemijahan belut ini masih menggunakan cara alami. Yakni mencampur belut jantan  dan betina kedalam satu wadah atau satu kolam. Mungkin bila kita bisa melakukan pemijahan belut buatan, pemijahan belut tanpa lumpur kemungkinan besar bisa kita lakukan.

Sampai saat ini belum ditemukan cara pemijahan belut tanpa lumpur. Yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha budidaya belut pemula yang mencari informasi mengenai cara pemijahan belut tanpa lumpur. Bahwasannya belut akan meletakkan telurnya pada media lumpur yang dirasa cocok untuk menyimpan calon anaknya. Seperti eceng gondok pada proses pemijahan ikan. Nah, apabila ingin menghilangkan lumpur. Maka kita harus mencari media lain sejenis media lumpur untuk peletakkan telur hasil pembuahan indukan belut tersebut.

Untuk itu, proses pemijahan belut tanpa lumpur sampai saat ini belum bisa dilakukan. Lebih baik silahkan pelajari informasi mengenai pemijahan belut yang baik dan benar pada artikel

Itulah informasi mengenai cara pemijahan belut tanpa lumpur. Semoga dapat membuka jendela pengetahuan anda terkait dengan proses pemijahan belut. Dan jangan lupa untuk terus membaca update pengetahuan seputar budidaya perikanan pada website ini yah.