Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Belut Di Ember Yang Benar

Mungkin banyak dari pelaku usaha budidaya khususnya belut sedang mencari informasi mengenai cara budidaya belut di ember. Karena pada teorinya memang sangat mudah, dan jika diambil secara logikan tentu saja cara budidaya belut di ember akan terasa sangat simpel. Modal yang akan dibutuhkan jika membudidayakan belut di ember pun tentunya juga akan sangat kecil.

Tapi sebelumnya anda harus membaca beberapa poin penting ini sebelum mencari informasi lebih lanjut terhadap cara budidaya belut di ember yang benar. Berikut ini poin-poin penting yang kami maksud :


Cara Budidaya Belut Di Ember Yang Benar

1. Hasil

Sebelum kita memikirkan poin-poin yang paling jauh. Sebaiknya kita memikirkan saja terlebih dahulu dengan hasil dari budidaya belut di ember ini. Apakah hasilnya akan sesuai ekspetasi sebelumnya atau bahkan tidak sama sekali. Tentunya kita harus mengambil kesimpulan secara logika. Berapa kilogram belut yang akan dihasilkan dalam sekali panen jika kita hanya menggunakan ember? 

Tentu hal ini akan sangat tidak efektif untuk usaha yang memang diperuntukkan untuk mencari profit atau keuntungan. Sehingga sebelum melanjutkan poin selanjutnya, terlebih dahulu silahkan anda mempertimbangkan hal ini.


2. Tingkat Keberhasilan

Mungkin jika dalam sebuah skala usaha yang diambil profitnya menggunakan ember bukanlah yang efektif. Tetapi jika untuk coba-coba atau untuk hobi bisa jadi budidaya belut di ember menjadi pilihan yang terbaik. Namun balik lagi pada tahapan selanjutnya, yaitu tingkat keberhasil budidaya belut di ember yang kita lakukan.

Apakah mungkin belut akan berkembang atau tumbuh dengan baik jika dipelihara pada media yang sangat sempit. Mungkin saja masih bisa karena pada dasarnya belut memnag hidup dilubang lumpur. Namun, bukankah nantinya belut akan merasakan stress ?
Mungkin hal ini juga akan menjadi salah satu pertimbangan yang bisa menjadi tolak ukur sebelum anda memilih ember sebagai media untuk budidaya belut. 

Baca juga :


3.  Efektivitas

Efektivitas dalam memilih usaha budidaya belut di ember tentu perlu dipertimbangkan. Belum tentu harga murah bisa menjamin kefektivitas-an sebuah usaha. Jika kita hitung secara rinci, maka penggunaan ember dalam usaha budidaya belut ini tidaklah cukup efektif. Justru akan membuat biaya investasi semakin membengkak dan hasilnya akan kembali lagi pada poin awal.

Secara logika, budidaya belut di ember bukanlah pilihan yang baik untuk seorang pelaku usaha budidaya belut yang menginginkan keuntungan atau profit dalam usahanya. Lebih baik anda gunakan saja media yang lebih mempuni seperti tong misalnya. Dengan begitu akan lebih banyak belut yang bisa kita budidayakan dan tentunya tingkat keberhasilan dan hasil akan lebih terjamin.