Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Lele Tidak Kanibal Dan Untung Banyak

Salah satu kendala budidaya lele yang menjadi bayang-bayang dari pelaku budidaya ikan lele yaitu kanibalisme. Kanibalisme dapat, menyebabkan kerugian yang cukup besar apabila tidak ditangani dengan baik. Dengan begitu banyak para pelaku budidaya yang bertanya bagaimana cara agar lele tidak kanibal.

Sebenarnya cara agar lele tidak kanibal cukup mudah. Dan biasanya bibit lele yang didapat dari balai perikanan sudah tidak memiliki sifat kanibalisme yang cukup tinggi. Tetapi tetap saja cara agar lele tidak kanibal harus anda ketahui. Karena bukan tidak mungkin sifat alami lele akan kembali lagi.

Lalu bagaimana cara agar lele tidak kanibal ?
Berikut ini informasi tentang cara mengatasi kanibalisme pada ikan lele


Cara Agar Lele Tidak Kanibal Dan Untung Banyak
Gambar : Budidaya Lele 


1. Pemberian Pakan

Cara agar lele tidak kanibal yang pertama yaitu pada proses pemberian pakan. Pemberian pakan ini tidak boleh dianggap sepele. Karena pemberian pakan yang salah bukannya membuat ikan lele menjadi besar, justru akan membuat lele menjadi kanibal. Terutama pada pemberian pakan alternatif pada ikan lele.

Ikan lele merupakan ikan yang tidak memiliki penglihatan sebaik ikan lainnya. Ikan ini hanya mengandalkan sensor yang ada pada ujung antena untuk mendeteksi makanan disekitarnya. Oleh karena itu, jika pemberian pakan alternatif tidak dilakukan dengan tepat. Maka akan membuat ikan lele menjadi kanibal.

Penyebabnya yaitu ikan lele terlalu sering mengkonsumsi pakan yang berbau amis. Semisal ikan rucah, keong dan bekicot. Jika hal ini terus menerus terjadi dan ikan lele merasa sudah terbiasa dengan bau amis. Maka ketika ada salah satu ikan lele yang ada dikolam pembesaran terluka. Secara otomatis naluri ikan lele akan melahapnya karena sesuai dengan kebiasaan yang mereka makan adalah pakan berbau amis.

Selain itu, masalah dalam pemberian pakan ini tidak hanya pada pakan alternatif. Melainkan pada pemberian pakan pabrikan.  Agar ikan lele tidak kanibal atau mengatasi kanibalisme pada ikan lele. Sebaiknya kita memberikan pakan pada ikan lele dengan benar. Harapannya yaitu agar ikan lele dapat tumbuh seragam. Sehingga kanibalisme pada lele bisa sedikit dikurangi.

2. Penyortiran

Langkah kedua agar ikan lele tidak kanibal yaitu penyortiran. Langkah ini harus dilakukan oleh setiap pengusaha pembesaran ikan lele. Jika tidak dilakukan, maka ikan lele yang bertubuh besar bisa memakan ikan lele yang masih berukuran kecil.

Selain itu, penyortiran ini tidak hanya untuk mencegah agar lele tidak kanibal saja. Tetapi juga untuk menyeragamkan ukuran ikan lele. Karena jika ikan lele tetap dicampur, pada saat pemberian pakan bukan tidak mungkin ikan lele yang berukuran kecil akan kalah dengan ikan lele ukuran besar dalam hal perebutan makanan.  


Baca Juga :



3. Padat Tebar

Langkah terakhir yang bisa dilakukan agar ikan lele tidak kanibal yaitu memaksimalkan padat tebar kolam. Secara teori, jika kita menggunakan teknik padat tebar tinggi. Maka ikan lele tidak akan bisa memakan sesama atau kanibal. Hal ini dikarenakan sempitnya ruang gerak pada setiap ekor ikan lele itu sendiri.

Tetapi cara ini tidaklah efektif jika teknik yang digunakan adalah teknik konvensional. Karena akan menimbulkan masalah baru. Yakni tingkat kematian yang tinggi karena kekurangan kadar oksigen. Berbeda jika teknik yang digunakan adalah teknik intensif semisal bioflok. Maka hasilyang didapat akan lebih maksimal.