Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin Ayam Joper Untuk Semua Umur Sekaligus Waktu Pemberian Yang Tepat

Banyak peternak pemula yang bertanya tentang vaksin ayam joper. Memang vaksin ayam joper ini sangat penting bagi peternak ayam joper itu sendiri. Karena dengan vaksinasi diharapkan ayam joper dapat terhindar dari penyakit baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Untuk vaksin ayam joper sendiri banyak macamnya. Karena pada dasarnya pemberian vaksin untuk ayam joper sendiri terbagi dalam beberapa tahap. Dan setiap tahapan vaksin yang digunakan juga berbeda. Sesuai dengan kebutuhan ayam joper itu sendiri. Untuk itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai jenis  vaksin ayam joper untuk semua tahapan atau semua umur dan juga sekaligus informasi mengenai kapan pemberian vaksin yang tepat untuk ayam joper itu sendiri.


vaksin ayam joper

Vaksin Ayam Joper Sesuai Umur


1. Vaksin Ayam Joper Umur 3 Hari

Vaksin ayam joper umur 3 hari diberikan dengan cara tetes. Yaitu diteteskan dimata atau bisa juga melalui hidung. Vaksin ayam joper pada umur ini menggunakan jenis ND A1. Sedangkan pemberiannya pada saat DOC berumur 3 hari. Tujuannya yaitu untuk memberikan waktu jeda pada saat setelah DOC dikirimkan ke konsumen.


2. Vaksin Ayam Joper Umur 1 Minggu

Vaksin ayam joper yang tahap berikutnya yaitu pada saat ayam joper berumur 1 minggu. Pemberian vaksin pada usia ini di lakukan dengan cara mencampurnya dengan air minum yang akan diberikan pada DOC ayam joper. Untuk jenis vaksin yang digunakan yaitu jenis Gumboro.


3. Vaksin Ayam Joper Umur 2 Minggu

Vaksin ayam joper usia 2 minggu juga diberikan melalui air minumnya. Sementara jenis vaksin yang diberikan yaitu vaksin jenis ND.

Itulah berbagai jenis vaksin yang diberikan pada ayam joper. Perlu diperhatikan bahwa pemberian vaksin ini dilakukan secara bertahap. Ada kemungkinan untuk memberikan vaksin lanjutan ketika ayam sudah memasuki fase pembesaran. Tetapi, anda juga meperhatikan aspek kesehatan untuk konsumen. Sebaiknya 1 atau 2 minggu sebelum dipanen pemberian vaksin sudah dihentikan. Sehingga ayam joper tidak tercemar dengan bahan-bahan kimia atau obat-obatan kimia.