Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak Yang Cocok Untuk Lahan Sempit Dengan Modal Kecil

JSMALFAMART.COMUsaha Ternak Yang Cocok Untuk Lahan Sempit Dengan Modal Kecil
Punya lahan sempit tapi ingin usaha ternak ?
Itu bukanlah sebuah masalah yang serius.
Banyak sekali jenis usaha ternak yang cocok untuk lahan sempit. Terutama untuk anda yang hidup diperkotaan. Meskipun usaha ternak ini dilakukan pada lahan yang sempit, jangan dianggap remeh. Karena usaha ini juga memiliki potensi yang tidak kalah dari usaha ternak dengan lahan yang luas seperti sapi atau ayam.

Usaha ternak untuk lahan sempit ini memang cocok sekali buat anda yang berprofesi sebagai karyawan dan menginginkan menjalankan usaha ternak sebagai usaha sampingan. Berikut ini beberapa daftar usaha ternak yang cocok untuk lahan sempit dan dapat digunakan sebagai usaha sampingan.


Usaha Ternak Yang Cocok Untuk Lahan Sempit Dengan Modal Kecil

Usaha Ternak Yang Cocok Untuk Lahan Sempit



1. Ternak Lovebird

Usaha ternak yang cocok untuk lahan sempit yaitu usaha ternak lovebird. Usaha ternak burung ini tidak membutuhkan tempat yang luas. Bahkan banyak para peternak burung lovebird yang membuat kandang untuk lovebirdnya di dalam rumah. Buktinya lovebird yang dipelihara didalam rumah masih tetap berkembang biak.

Usaha ini tentu saja sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki lahan luas. Dan tentunya prospek usaha ternak burung lovebird ini sangat menjanjikan. Dan juga yang terpenting adalah proses perawatannya yang tergolong sangat mudah.

2. Ternak Kelinci

Salah satu usaha ternak lainnya yang cocok untuk dikelola pada lahan yang sempit adalah usaha ternak kelinci. Usaha ini juga bisa dikelola didalam rumah seperti pada usaha burung lovebird. Mungkin kendala yang akan kita dapatkan jika memulai usaha ternak kelinci yaitu modal yang besar dan juga waktu yang relatif lebih lama.

Tetapi secara keseluruhan usaha ini merupakan usaha yang memiliki prospek sangat baik. Dan harga kelinci pada jenis tertentu pun juga sangat menggiurkan. Tentu saja usaha ternak yang satu ini masih bisa bersaing dengan usaha ternak yang lainnya.


3. Usaha Ternak Kroto

Usaha ternak dilahan sempit berikutnya yaitu usaha ternak kroto. Usaha ini juga sempat booming karena hasil yang dihasilkan sangat lumayan apabila dikelola dengan benar. Usaha ternak kroto tidak membutuhkan tempat yang luas. Bahkan untuk kandanganya pun usaha ternak kroto ini bisa menggunakan toples-toples bekas. Tidak membutuhkan modal yang begitu besar bukan ?

Selain tidak membutuhkan tempat yang luas. Usaha ternak kroto ini juga sangat menjanjikan. Proses pemasarannya yang tergolong sangat mudah membuat usaha ini banyak dilirik oleh para peternak maupun para karyawan yang ingin memiliki usaha ternak sampingan. Untuk menjualnya usaha, hasil panen kroto ini bisa kita jual pada toko pakan burung.

4. Usaha Jangkrik

Usaha jangkirk juga menjadi salah satu usaha ternak yang cocok untuk lahan sempit. Usaha ini sangat mudah dikelola. Pakan yang dibutuhkan pun juga tidak begitu banyak dan tergolong mudah untuk didapatkan. Selain itu, kandang yang diperlukan bisa terbuat dari kardus. Sangat mudah bukan ?
Proses pemasarannya pun usaha jangkrik ini tidaklah sulit. Sama seperti usaha ternak roto. Hasil panen usaha ternak jangkrik dapat dijual pada toko pakan  burung.

5. Usaha Ternak Cacing Sutera

Ternak cacing sutera merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Harga cacing sutera sendiri tergolong mahal. Dan sangat dibutuhkan oleh para pembudidaya ikan. Baik untuk ikan hias maupun untuk ikan konsumsi. Cacing sutera ini biasanya digunakan untuk pakan larva ikan.
Proses budidayanya memang tergolong cukup sulit. Tetapi usaha ini dapat dilakukan pada lahan yang sempit. Bahkan hanya mebutuhkan nampan saja sebagai medianya.

Itulah usaha ternak yang cocok untuk lahan sempit. Semoga dapat menginspirasi anda dan dapat membantu dalam pemilihan jenis usaha ternak yang dapat dilakukan pada lahan yang sempit.