Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umur Ideal Indukan Jangkrik Siap Bertelur

Telur merupakan salah satu hasil dari ternak jangkrik yang bisa diperjual belikan. Oleh karena itu, banyak para peternak yang menanyakan berapa lama induk jangkrik bertelur?
Sebenarnya lama induk jangkrik bertelur dipengaruhi oleh jenisnya. Selain itu, biasanya telur jangkrik ini juga dipengaruhi oleh kualitas pakan yang digunakan. Sehingga untuk menjawab berapa lama induk jangkrik bertelur tidak bisa di pukul rata.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai berapa lama induk jangkrik bertelur, silahkan simak informasi dibawah ini.


indukan jangkrik bertelur

Umur Ideal Indukan Jangkrik Mulai Bertelur

Untuk umur jangkrik yang siap bertelur bervariasi. Tergantung jenis jangkrik yang kita ternakkan. Biasanya peternak memilih jangkrik jenis kalung dan jangkrik alam atau seliring. Karena kedua jenis jangkrik itulah yang paling banyak dicari oleh konsumen dan tentunya paling mudah untuk diternakkan.
Untuk umur indukan jangkrik yang siap bertelur dari kedua jenis jangkrik diatas sebagai berikut :


1. Jangkrik Kalung

Untuk umur indukan jangkrik kalung yang siap bertelur pada umumnya ketika berumur 45 – 50 hari. Jangkrik kalung yang sudah siap bertelur memiliki ciri-ciri sudah terdapat sayap dewasa di punggungnya. Sementara khusus untuk jangkrik betina memiliki ciri-ciri perut yang buncit. Jangkrik juga sudah mulai mengeluarakan bunyi krik krik yang bertanda menarik perhatian jangkrik betina.

Untuk jangkrik kalung dapat bertelur setiap harus selama 14 hari berturut-turut. Dalam 1 kilogram jangkrik kalung dewasa (jantan dan betina) mampu menghasilkan 8 – 10 ons telur jangkrik dalam waktu 2 minggu. Untuk meningkatkan kualitas telurnya anda bisa memberikan pakan yang memacu produksi telur jangkrik dengan pakan yang mengandung banyak vitamin.

2. Jangkril Alam Atau Seliring

Untuk umur indukan jangkrik alam yang siap bertelur pada umumnya saat berumur 65 – 75 hari. Lebih lama dibandingkan dengan jangkrik kalung. Ciri-ciri induk jangkrik yang siap bertelur sama persis dengan jenis jangkrik kalung. Sementara kemampuan bertelurnya dapat mencapai selama 20 hari berturut-turut. Untuk telur yang dihasilkan sekitar 1 hingga 1,2 kilogram per 1 kilogram jangkrik dewasa.

Itulah informasi mengenai jawaban dari berapa lama induk jangkrik bertelur?
Yang pada dasarnya umur ideal indukan jangkrik siap bertelur dipengaruhi oleh jenis jangkrik itu sendiri. Semoga informasi umur indukan jangkrik siap bertelur ini bisa bermanfaat untuk anda.


Baca Juga : Idealnya 1 Kg Telur Jangkrik Mampu Menghasilkan Berapa Kg Jangkrik ?