Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kolam Pembesaran Ikan Nila Yang Ideal Agar Cepat Panen

Menentukan ukuran kolam ikan nila yang ideal sebenarnya cukup  mudah. Yang terpenting adalah luas kolam disesuaikan dengan padat tebar yang akan kita gunakan. Sehingga pada saat proses pembesaran nantinya ikan nila tidak terganggu karena kolam yang kita gunakan terlalu sempit.

Pada dasarnya ukuran kolam ikan nila terdapat luas minimal yang harus dipenuhi oleh pembudidaya ikan nila. Tetapi hal ini berlaku untuk pembudidaya yang memang tujuan utamanya dalam budidaya ikan nila yaitu sebagai mata pencaharian atau sebagai bisnis. Berbeda dengan ukuran kolam untuk ikan nila yang dipelihara hanya untuk konsumsi saja.


Ukuran Kolam Pembesaran Ikan Nila Yang Ideal Agar Cepat Panen

Ukuran kolam ikan nila juga sangat diperlukan untuk menentuka hasil panen. Hal ini tidak hanya berlaku bagi ikan nila saja. Tetapi bagi semua jenis ikan yang akan di budidayakan.
Berikut ini rangkuman yang terkait dengan ukuran kolam ikan nila yang ideal untuk skala bisnis dan sesuai dengan syarat hidup ikan nila  itu sendiri :
  1. Ukuran minimal untuk kolam ikan nila dalam skala bisnis yaitu 100 meter persegi. Dengan panjang dan lebar yang ideal yaitu 20 meter untuk panjang kolam dan 5 meter untuk lebar kolam
  2. Sementara kedalaman air kolam yang ideal yaitu berkisar antara 80 – 120 cm. Sebaiknya kolam memiliki kedalaman tidak kurang dari 60 cm
  3. Usahakan dalam membuat kolam, permukaan dasar kolam dibuat miring, sehingga ketika ikan lelah berada di kedalaman, ikan bisa berenang ke air yang dangkal.


Baca Juga : Cara Agar Ikan Nila Cepat Besar Dan Cepat Panen Dalam 4 Bulan


Catatan luas kolam ikan nila diatas diperuntukan  jika anda menggunakan kolam tanah. Memang ikan nila sangat baik jika dipeliahara dengan jenis kolam tanah. Terlebih jika kolam tersebut menggunakan kolam air berarus atau biasa disebut dengan kolam arus deras.

Jika anda menginginkan kolam terpal, untuk skala bisnis mungkin metode ini kurang tepat dan kurang efisien. Tetapi jika anda menggunakan kolam terpal untuk ikan nila hanya sebagai konsumsi sendiri atau sebagai hobi saja, kolam tersebut dapat anda gunakan.

Tetapi jika tetap memaksa untuk menggunakan kolam terpal sebagai media untuk budidaya ikan nila. Sebaiknya anda menggunakan sistem budidaya ikan nila bioflok.