Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kandang Ternak Kacer Minimalis Dan Cara Membuatnya

Ukuran kandang ternak kacer minimalis sebenarnya bisa disesuaikan sendiri tergantung kebutuhan. Tetapi untuk menentukan ukuran kandang ternak kacer minimalis juga harus sesuai dengan standar untuk ternak kacer. Atau setidaknya memiliki ukuran yang ideal. Sehingga nantinya ukuran kandang ternak kacer minimalis yang kita pilih akan tetap nyaman dihuni oleh kacer itu sendiri.

Memang banyak dari pemula yang akan terjun di dunia usaha ternak kacer tetapi masih bingung untuk menentukan ukuran kandang ternak kacer itu sendiri. Dan umumnya mereka mencari ukuran kandang ternak kacer minimalis, dimana memiliki kelebihan tidak memakan tempat yang banyak. Serta otomatis modal yang dibutuhkan juga akan lebih sedikit.

Nah, untuk mengetahui informasi lengkap terkait dengan berapa ukuran kandang ternak kacer minimalis yang ideal bisa anda simak pada rangkuman dibawah ini.
Berikut uraian tentang ukuran kandang ternak kacer


kandang ternak kacer minimalis

Ukuran Kandang Ternak Kacer Minimalis Yang Ideal

Dalam ternak kacer, tentu saja salah satu langkah yang begitu penting adalah menyiapkan kandangnya. Sebenarnya pembuatan kandang ternak kacer ini cukup mudah. Kami rasa anda bisa membuatnya setelah membaca tutorial ini.

Yang perlu diperhatikan sebelum membuat kandang ternak kacer yakni lokasi kadang yang nyaman bagi kacer itu sendiri. Serta ketenangan dan temperatur sesuai habitat alam kacer. Dan jangan lupa untuk membuat design kandang ternak kacer yang sederhana agar memudahkan dalam proses pembersihan kandangnya. Serta gunakan ukuran yang ideal untuk ternak kandang kacer itu sendiri.

Berikut ini rangkuman tentang ukuran kandang ternak kacer minimalis serta tips cara membuatnya
  • Ukuran kandang ternak kacer minimalis yang ideal yakni berdimensi panjang 100 cm, lebar 100cm dan tinggi 200cm.
  • Pada bagian dinding kiri, kanan dan belakang kandang dapat dibuat dengan batu bata atau tembok.  Untuk lebih ekonomis anda bisa menggunakan triplek atau kawat.
  • Pada bagian atap kandang sebaiknya ditutup sebagian. Fungsinya agar cahaya tetap bisa masuk. Misal separuh atap ditutup menggunakan genting, yang separuhnya lagi ditutup menggunakan strimin.
  • Tambahkan pula keramba air dalam kandang dan letakan di dasar kandang. Keramba ini juga biasa disebut sebagai kolam kecil. Anda bisa membuatnya menggunakan kaleng bekas atau bahan lain.
  • Tambahkan pula tempat pakan dan minum pada bagian belakang kandang.
  • Jangan lupa untuk menambahkan tempat kacer bertengger. Anda bisa mnggunakan kayu atau ranting.
  • Karena untuk ternak, maka sarang kacer juga harus ditambahkan. Sarang kacer bisa terbuat dari kayu atau papan kotak. Atau anda juga bisa membuatnya menggunakan bambu. Sebaiknya sarang ini terbuat dari bahan yang kuat. Dan usahakan terlindung dari serangan hama seperti semut.
  • Susunan kandang kacer dapat disusun menjadi 2-3 tingkat. Untuk penempatannya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Bisa digeser kekanan maupun kekiri.
  • Pada bagian lantai sebaiknya dilapisi plat baja atau semen. Fungsi pelapisan ini adalah untuk memudahkan kita pada saat membersihkan kotoran kacer. Atau gunakan bahan lain yang lebih ekonomis
  • Pintu kacer usahakan dibuat sebanyak 2 buah. Usahakan di atas dan didepan bagian bawah. Fungsi pintu yang diatas digunakan untuk mengganti pakan atau menambah pakan serta minum. Sedangkan untuk bagian depan bawah berfungsi untuk membersihkan kotoran di dasar kandang.


Baca Juga : Cara Membuat Kandang Perjodohan Kacer Sederhana Untuk Skala Usaha



Itulah ukuran kandang ternak kacer minimalis yang ideal. Dalam membuat deisgn kandang tentu anda bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan ternak kacer itu sendiri. Tentu anda juga sudah memiliki deisgn yang sangat sederhana untuk menekan biaya pembuatan kandang. Yang terpenting dalam menentukan ukuran kandang ternak kacer adalah pada ukuran sarangnya. Usahakan sarang kacer benar-benar sangat nyaman untuk kacer itu sendiri. Berikut ini patokan ukuran sarang kacer yang ideal
  • Panjang 40 cm
  • Lebar 20 cm
  • Tinggi 20 cm


Baca Juga : Bahan Sarang Kacer Yang Ideal Untuk Ternak Kacer



Dengan ukuran diatas, kacer sudah nyaman berada disarangnya. Dan diharapkan produktivitas kacer ideal sehingga menguntungkan buat anda. Jangan lupa untuk tetap memberikan akses mudah untuk membersihkan kandang. Semisal pintu khusus untuk membersihkan kotoran dan juga pintu khusus untuk menggontrol telur kacer itu sendiri.