Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kandang Ayam Joper 100 Ekor Yang Ideal Untuk Skala Usaha

Ukuran kandang ayam joper 100 ekor yang ideal untuk usaha perlu diperhitungkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pembuatan kandang ayam joper untuk 100 ekor juga tidak boleh asal-asalan. Perlu dikaji terlebih dahulu, sehingga kandang yang kita buat nantinya akan sesuai dengan kapasitas jumlah ayam yang kita ternakkan.

Untuk ukuran kandang ayam joper 100 ekor yang ideal akan kami bahas secara rinci khusus untuk anda yang akan memulai usaha ternak ayam joper 100 ekor. Sehingga akan lebih memudahkan anda untuk menemukan ukuran kandang ayam joper 100 ekor yang tepat dan ideal.
Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.


Ukuran Kandang Ayam Joper 100 Ekor Yang Ideal Untuk Skala Usaha


Sebelum masuk kedalam ukuran kandang ayam joper 100 ekor sebaiknya kita juga mengetahui terlebih dahulu jenis kandang apa yang akan digunakan. Karena ada beberapa jenis kandang yang biasa digunakan untuk memelihara ayam joper. Diantaranya kandang panggung, baterai dan kandang postal berlantai litter. Untuk pemeliharaan atau usaha ternak ayam kampung joper sebaiknya menggunakan kandang jenis postal saja karena lebih simple dan lebih murah dalam biaya pembuatannya.

Untuk ukuran kandang ayam joper 100 ekor, dibagi menjadi 3 bagian. Diantaranya sebagai berikut:


1. Ayam Joper Umur 7 – 12 Hari

Ukuran kandang ayam joper 100 ekor pada saat berumur 7 – 12 hari dapat disesuaikan dengan tingkat kepadatan yang dianjurkan. Pada tahap ini merupakan tahap awal, sehingga kepadatan dapat mencapi 60 ekor per meter persegi. Sehingga, jika anda memiliki ayam joper sebanyak 100 ekor maka ukuran kandang yang ideal yakni 2,5 meter persegi.


2. Ayam Joper Umur 13 – 30 Hari

Setelah memasuki tahap atau fase kedua, yakni pada umur 13 – 30 hari. Ayam joper dipindah ke kandang fase lanjutan. Ukuran kandang ayam joper 100 ekor pada tahap ini tetap disesuaikan dengan tingkat kepadatan yang dianjurkan. Yaitu sekitar 40 ekor per meter persegi. Sehingga ukuran kandang yang ideal untuk ayam joper 100 ekor umur 13-30 hari yaitu 3 meter persegi.


Baca Juga :



3. Ayam Joper Umur 31 Hari Sampai Panen

Ukuran kandang ayam joper 100 ekor tahap terakhir yaitu pada umur 31 hari sampai panen. Ini adalah fase pembesaran. Sehingga tingkat kepadatan harus dikurangi mengingat ukuran ayam sudah besar dan sangat aktif. Untuk tingkat kepadatan pada tahap ini yaitu sekitar 20 ekor per meter persegi. Sehingga ukuran kandang ayam joper 100 ekor umur 31 hari sampai panen yaitu sekitar 5 meter persegi.

Itulah ukuran kandang ayam joper untuk 100 ekor yang ideal dalam usaha peternakan ayam joper. Jika masih bingung mengenai ukurannya, berikut ini kami berikan sampel.
Misal 4 meter persegi maka anda dapat menggunakan ukuran hasil dari (panjang x luas)
Yaitu 2 x 2 meter = 4 meter persegi. Dan seterusnya.

Baca Juga : Cara Menetaskan Telur Ayam Arab Dengan Mesin Penetas Telur Untuk Memulai Usaha