Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Entok VS Ternak Bebek Lebih Untung Mana ?

JSMALFAMART.COMTernak entok vs ternak bebek lebih untung mana ?
Dari kedua jenis unggas ini memang masih menjadi perdebatan. Yaitu antara ternak entok vs ternak bebek. Banyak peternak pemula yang menanyakan antara ternak entok vs ternak bebek lebih untung yang mana ?
Lebih mudah yang mana ?

Dari sekian banyak pertanyaan, sebenarnya untuk memilih antara ternak bebek atau ternak entok sangatlah mudah. Karena kedua jenis usaha ternak unggas ini hampir memiliki banyak kemiripan dan juga memiliki kelebihan serta keunggulan yang berbeda. Yang perlu dicatat yaitu kedua jenis usaha ternak unggas ini baik ternak entok maupun ternak bebek, keduanya sama-sama menguntungkan. tergantung cara kita mengelolanya.

Lalu bagaimana review antara ternak entok vs ternak bebek ?
Berikut ini akan kami berikan ulasannya lengkap untuk anda.


Ternak Entok VS Ternak Bebek Lebih Untung Mana ?


Usaha Ternak Entok Vs Ternak Bebek Lebih Untung Mana ?


1. Modal

Dilihat dari segi modal, dari kedua jenis usaha ternak diatas tentu saja ternak entok jauh lebih unggul. Mengapa ?
Kebutuhan ransum entok tentu saja lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan ransum bebek. Hal ini dipengaruhi oleh tujuan dari usaha ternak itu sendiri. Kita tahu bahwa usaha ternak entok rata-rata hanya diambil dagingnya saja. Sedangkan untuk usaha ternak bebek biasanya untuk diambil telurnya. 

Bisa kita tarik kesimpulan bahwa usaha ternak yang tujuan utamanya adalah memaksimalkan produksi telur. Tentu saja akan membutuhkan modal yang cenderung lebbih banyak. Termasuk juga dengan ternak bebek.


2. Perawatan

Review kedua antara ternak entok vs ternak bebek yaitu meliputi perawatan. Untuk perawatan sendiri kedua jenis ternak unggas ini tidak memiliki perbedaan khusus. Jika menggunakan teknik ternak intensif tentu saja proses perawatannya tidak jauh berbeda.

Hanya saja, perawatan ternak entok sedikit lebih mudah dibandingkan dengan ternak bebek. Namun secara keseluruhan jika dilihat dari perawatan kedua jenis usaha ternak unggas ini relatif memiliki perawatan yang tidak sulit atau bisa dibilang mudah.

3. Perputaran Modal Dan Hasil

Antara ternak entok vs ternak bebek jika dilihat dari perputaran modal, tentu saja akan lebih unggul ternak bebek. Mengapa ?
Karena pada usaha ternak bebek ini akan dapat memberikan hasil setiap hari apabila sudah memasuki masa produktif. Sedangkan entok harus menunggu waktu panen tiba. Tentu dengan keadaan tersebut ternak bebek akan lebih unggul dengan hasil penjualan telurnya  di setiap hari.

Dari tiga pokok bahasan yang kami review diatas tentu saja anda sebagai calon peternak sudah mengetahui apa yang cocok diantara kedua jenis usaha ternak unggas tersebut. Saran dari kami, jika memang usaha ternak tersebut anda proyeksikan untuk usaha yang memang akan ditekuni dan dikelola secara full time. Lebih baik memilih ternak entok. Mengapa ?

Ternak entok lebih minim resiko dan lebih mudah dalam penjualannya. Meskipun harus menunggu dalam beberapa bulan. Hal itu bukanlah masalah besar. Anda bisa menggunakan teknik ternak entok intensif yang mampu menghasilkan entok siap jual setiap bulannya
Jika anda lebih cenderung terhadap usaha ternak bebek petelur. Saran dari kami lebih baik untuk memelihara ayam petelur saja dibandingkan dengan bebek petelur.
Mengapa ?

Hasil dari telur bebek belum tentu akan terus menerus laku dalam jumlah banyak. Karena pada dasarnya telur bebek sebagaian besar disuplai ke rumah makan. Apabila suatu saat masyarakat sudah agak bosan dengan olahan telur bebek. Tentu hal ini akan berdampak pada usaha ternak bebek petelur yang sedang anda tekuni.

Untuk rekomendasi dari kami terkait dengan pilihan antara ternak entok vs ternak bebek. Kami tetap menyarankan untuk memulai usaha ternak entok pedaging. Selain mudah, entok ini adalah jenis unggas yang lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan beberapa jenis unggas lainnya.