Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Entok Pakan Gedebok Pisang Yang Dapat Menambah Keuntungan

JSMALFAMART.COMTernak Entok Pakan Gedebok Pisang Yang Dapat Menambah Keuntungan
Banyak yang bertanya apakah ternak entok pakan gedebok pisang bisa dialukan ?
Tentu saja hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Karena kita telah sama-sama mengetahui bahwa gedebok pisang dapat diolah menjadi pakan ternak. Tidak terkecuali sebagai pakan tenak entok. Oleh karen aitu, usaha ternak entok pakan gedebok pisang sangat mungkin untuk dapat kita lakukan


Ternak Entok Pakan Gedebok Pisang Yang Dapat Menambah Keuntungan


Mengapa memilih ternak entok menggunakan pakan gedebok pisang ?

Tentu saja hal ini didasari atas gedebok piasng itu sendiri yang mudah untuk didapatkan. Dan tentunya harganya sagat murah. Bahkan bila anda berada di pedesaan, gedebok pisang ini bisa anda dapatkan secara gratis. Sehingga akan sengat menguntungkan untuk usaha peternakan entok yang sedang anda kelola. Karena akan menghemat biaya produksi atau biaya pakan yang lebih murah dan akan menambah keuntungan yang lebih maksimal lagi.

Cara ternak entok pakan gedebok pisang ini tidak jauh berbeda dengan usaha ternak entok yang menggunakan pakan lainnya. hanya saja penambahan gedebok pisang dilakukan untuk menghemat biaya pakan. sehingga, salah satu hal yang wajib kita lakukan yaitu mengolah gedebok pisang itu sendiri untuk dapat digunakan sebagai pakan tambahan ternak entok.

Bagaimana cara mengolah gedebok pisang untuk pakan ternak entok yang benar ?
Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.
Cara membuat pakan entok dari gedebok pisang

Bahan yang diperlukan :
  • Tempat pembuatan, anda bisa menggunakan terpal, plastik besar atau wadah lainnya seperti tong atau ember besar.
  • Gedebok pisang secukupnya
  • Bekatul
  • Ampas tahu
  • Jagung giling
  • Nasi aking
  • Gula pasir
  • Suplemen organik


Cara pengolahan :
  1. Siapakan larutan fermentasi terlebih dahulu. Waktu yang tepat yaitu sehari sebelum proses pembuatan pakan dilakukan. Caranya dengan cara mencampurkan gula pasir dan suplemen organik yang bisa anda dapatkan pada toko terdekat. Bisa juga anda menggunakan suplemen SOC-HCS.
  2. Rendam terlebih dahulu nasi aking yang akan digunakan sebagai campuran dalam bahan pembuatan pakan dari gedebok pisang selama kurang lebih tiga jam. Atau bisa dilihat ciri-cirinya yaitu nasi aking mengambang pada permukaan air
  3. Setelah semuanya siap, cacah gedebok pisang disesuaikan dengan ternak yang sedang anda pelihara.
  4. Setelah tahap diatas telah anda selesaikan semua, langkah selanjutnya yaitu mencampur jadi satu semua bahan yang telah disebutkan diatas.
  5. Setelah semua bahan diatas tercampur rata, langkah selanjutnya yaitu menyemprotkan larutan yang telah anda buat sebelumnya.
  6. Aduk bahan hingga tercampur merata.
  7. Setelah itu tutup wadah hingga menjadi kedap udara.
  8. Lakukan proses fermentasi ini selama kurang lebih tiga jam saja.
  9. Setelah tiga jam, pakan fermentasi sudah siap dan dapat diberikan pada ternak entok.


Baca Juga : Daftar Penyakit Pada Bebek Yang Sering Menyerang, Baik Bebek Petelur Maupun Bebek Pedaging



Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pakan fermentasi dari gedebok pisang ini yaitu pada saat proses pemberian pada entoknya itu sendiri. Sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu agar entok bersedia untuk memakannya.

Mungkin anda akan megalami kendala yaitu entok tidak mau memakan pakan fermentasi dari bahan gedebok pisang. Ini adalah hal yang wajar karena itu adalah sesuatu hal baru yang dirasakan oleh entok-entok tersebut. Untuk mengatasinya, berikan pakan tesebut sesering mungkin agar entok dapat beradaptasi dengan cepat.