Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Para Investor Melakukan Trading Komoditas

Mungkin dari kita banyak yang bertanya dalam hati dimana tempat para investor melakukan trading komoditas ?
Memang ini adalah pertanyaan klasik bagi pemula yang akan terjun ke dalam dunia trading komoditas.

Trading komoditas sendiri sebenarnya dapat dilakukan dimana saja. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan trading komoditas ukuran kecil. Karena pada dasarnya komoditas ini seperti pada perdagangan barang biasa. Hanya saja letaknya yang stretegis dan sangat vital bagi suatu negara membuat komoditas memiliki nilai fluktuasi yang sangat tinggi.

Tempat Para Investor Melakukan Trading Komoditas
Add caption


Tempat Investor Melakukan Trading Komoditas

Komoditas sendiri sebenarnya bisa di perdagangkan secara real time (spot) dan berjangka (futures) dengan sistem online. Tetapi, untuk saat ini kebanyakan komoditas diperjualbelikan dalam bentuk berjangka / futures.

Perdagangan futures atau berjangka ini bukan memperjualbelikan barangnya tetapi pada kontrak untuk membeli dan menjualnya ketika harga komoditas naik atau tinggi. Sehingga investor atau trader memiliki nilai selesih yang disebut sebagai laba atau keuntungan.  Dengan sistem seperti ini maka terbentuklah volatilitas pasar yang akan memberikan keuntungan bagi investor. Karena peluang fluktuasi pasar sangat besar.

Tempat untuk melakukan kegiatan ini disebut sebagai pasar komoditas atau ada juga yang menyebutnya dengan pasar finansial. Disini, investor diberikan kemudahan untuk membeli komoditas tanpa harus berkecimpung langsung di tempat barang tersebut berada.
Untuk satuan kontrak per unit biasanya menggunakan satuan Troy Onss, Barel, Bushel dan lain-lain tergantung jenis komoditasnya.


Cara Investasi Komoditas Sebagai Asset Finansial

Biasanya untuk memperbanyak asset finansialnya, para investor sering melakukan investasi komoditas. Investasi ini bisa berupa membeli kontrak futures di bursa berjangka dan juga membeli saham perusahaan yang memiliki basis bisnisnya di bidang komoditas.

Selain kedua cara diatas, investor juga bisa melakukan trading indeks, reksadana komoditas dan masih banyak yang lainnya.  Biasanya investor juga melakukan transaksi berbasis CFD (Contract For Difference). Dimana semua cara diatas memiliki tujuan yang sama.  Yakni membeli di harga rendah dan menjualnya pada saat harga tinggi.


Baca Juga : Daftar Komoditas Yang Sering Di Trading Oleh Para Investor


Itulah informasi mengenai tempat para investor melakukan trading komoditas yang bisa kami berikan. Silahkan untuk mencoba berinvestasi di komoditas sesuai dengan minat anda.