Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Sederhana Pengawetan Susu Kedelai


Susu kedelai dapat diawetkan menggunakan teknik yang cukup sederhana. Dan teknik pengawetan susu kedelai ini bisa anda terapkan untuk membuat susu kedelai tidak cepat basi. Sehingga jika kita akan berjualan susu kedelai tidak memiliki khawatir dengan rasa susu kedelai yang menjadi basi.

Yang perlu diperhatikan untuk menggunakan  atau mencari teknik pengawetan susu kedelai sebisa mungkin gunakan bahan yang aman untuk di konsumsi. Tentu saja kesehatan adalah nomor utama dalam sebuah usaha makanan atau minuman. Jangan sampai orang atau konsumen yang akan meminum susu kedelai untuk mendapatkan khasiatnya justru malah mendapatkan atau menabung bibit penyakit.
Untuk teknik pengawetan susu kedelai bisa anda simak pada informasi berikut ini :


Teknik Sederhana Pengawetan Susu Kedelai



1. Jangan Diberikan Gula, Perasa atau Pewarna Terlebih Dahulu

Susu kedelai produksi rumahan tentu saja memiliki tingkat ketahanan yang relatif singkat. Sifat inilah yang sering menjadi kendala bagi masyarakat atau UKM yang ingin memproduksi susu kedelai. Maka dari itu perlu ditemukan teknik sederhana untuk mengawetkan susu kedelai tersebut. Cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengawetkan susu kedelai tanpa harus menggunakan bahan pengawet yaitu dengan menyimpan susu kedelai murni.

Pencampuran bahan lain seperti gula, perasa atau pewarna tentu akan menyebabkan gumpalan. Selain itu juga akan mempercepat susu kedelai menjadi langu. Nah, jika kalian akan mengkonsumsi susu kedekali dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya pemberian zat tambahan tersebut di tambahkan pada saat akan di konsumsi. Tetapi jika langsung dikemas, maka tidak bisa menggunakan cara ini.


2. Proses Yang Cepat

Langkah kedua untuk mengawetkan susu kedelai yaitu melakukan proses dengan cepat. Terutama pada saat memproduksi susu kedelai sebaiknya dilakukan dengan cepat dan jangan berlama-lama. Susu kedelai yang sudah siap dimasak harus segera dimasak. Jangan terlalu lama dibiarkan diwadah atau dipanci.

Selain itu, lakukan juga pembungkusan yang rapat. Gunakan mesin pembungkus agar bakteri penyebab susu kedelai capat basi tidak dapat masuk. Biasanya faktor terbesar yang mempengaruhi susu kedelai cepat basi yakni bakteri.


3. Lakukan Proses Pengawetan

Proses pengawetan ini berlaku untuk pembuatan susu skala usaha rumahan maupun bisnis. Tentu dengan dua langkah diatas saja tidak cukup untuk membuat susu kedelai menjadi awet dan tidak cepat langu atau basi.
Teknik pengawetan susu kedelai sendiri bisa anda lakukan dengan cara menambahkan bahan pengawet makanan yang telah disetujui oleh BPOM. Bahan pengawet untuk susu kedelai diantaranya Asam Benzoat, Asam Propionat, Natrium Benzoat dan Kalium Sorbat.
Untuk teknik pengawetan susu kedelai lengkap silahkan baca Disini

Itulah cara atau teknik sederhana pengawetan susu kedelai. Untuk dikonsumsi sendiri sebaiknya simpan saja dalam lemari es atau kulkas agar tahan lama. Tidak perlu ditambahkan bahan pengawet. Sedangkan untuk di jual sebaiknya lakukan proses pengawetan terlebih dahulu.