Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taksonomi Ikan Mola-Mola Dan Fakta Uniknya Ikan Terberat Di Dunia

Ikan bertulang belakang  terberat di dunia yang sangat unik dan hobi berjemur. Ya, begitulah ikan mola-mola. Kali ini kita akan membahas ciri-ciri ikan mola-mola serta sekaligus membahas tentang taksonomi ikan mola-mola. Ikan besar yang unik dan menggemaskan.

ikan mola-mola

Taksonomi Ikan Mola-Mola

Ikan mola-mola dalah ikan yang memiliki berat dewasa sekitar 1.000 kilogram. Spesies ikan mola-mola berasal dari perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Makanan ikan mola-mola adalah ubur-ubur. Itulah sebabnya ikan ini berada di tempat yang sebagian besar terdapat ubur-ubur.
Berikut ini klasifikasi ilmiah dari ikan mola-mola:
  • Kingdom  : Animalia
  • Filum        : Chordata
  • Kelas        : Ikan
  • Ordo         : Tetraodontiformes
  • Marga       : Molidae
  • Genus       : Mola
  • Spesies     : Mola-Mola


Baca Juga : Cara Berkembang Biak Ikan Hiu Di Lautan Lepas


Deskripsi Ikan Mola-Mola

Ikan mola-mola ini disebut juga dengan Sunfish yang berasal dari bahasa latin “millstone” yang artinya adalah gerinda. Tekstur kasa dan bentuk badannya yang bulat menjadi dasar penyebutan gerinda untuk ikan ini. Selain itu, ikan mola-mola juga memiliki warna yang menyerupai batu gerinda. Yaitu berawarna abu-abu.

Sementara itu, arti Sunfish yang diberikan pada ikan ini memiliki arti ikan matahari. Nama Sunfish diberikan kepada ikan mola-mola karena ikan ini sangat gemar berjemur dibawah sinar matahari. Kebiasaan ikan mola-mola yaitu berenang dipermukaan air laut yang tidak terlalu dalam. Tujuannya untuk berjemur sembari tiduran setelah menyelam hingga kedalaman 600 meter. Sinar matahari ini diperlukan untuk menghangatkan tubuhnya. Metode ini diyakini oleh para peneliti untuk proses pemanasan ikan mola-mola sebelum menyelam ke laut yang lebih dalam. Maklum, karena ikan ini tidak bisa hidup dibawah suhu 12 derajat Celcius.


Fakta Ikan Mola-Mola Yang Unik

Selain bentuknya yang besar dan unik, ternyata ikan ini juga memiliki fakta yang unik juga. Dari berjemur hingga terancam punahnya ikan mola-mola. Yuk simak lebih lanjut!


1. Hobi Berjemur

Fakta unik pertama dari ikan mola-mola yaitu memiliki hobi lain dari jenis ikan kebanyakan. Ikan ini memiliki hobi berjemur ke permukaan laut. Itulah sebabnya ikan mola-mola dijuluki sebagai Sunfish. Hampir setiap hari ikan ini berenang mondar-mandir ke permukaan laut hanya untuk berjemur saja. Dan untungnya, kita yang tinggal di Indonesia bisa melihat ikan ini di pantai Penida, Bali.


2. Bentuk Tubuh Yang Aneh

Fakta unik selanjutnya untuk ikan mola-mola ini yaitu tidak memiliki sirip ekor. Tentunya sangat berbeda dengan jenis ikan kebanyakan yang selalu memiliki sirip ekor bukan ?
Selain itu, ikan ini juga memiliki sirip samping kanan dan kiri yang terletak pada bagian bawah dan atas. Sehingga tidak lagi menjadi sirip kana ataupun kiri, tetapi menjadi sirip atas dan bawah. Yang bisa disebut sebagai Calvush.

Karena bentuknya yang aneh dan tidak memiliki sirip seperti ikan pada umumnya. Ikan ini sering kali kesulitan untuk berenang melawan arus ombak. Inilah yang menyebabkan kita sering menemui ikan mola-mola terdampar di pantai.

3. Ternacam Punah

Sayangnya ikan unik ini sekarang sudah terancam punah. Ikan yang tidak mampu berenang cepat ini sering menjadi korban kecelakaan di laut. Banyak ditemukan ikan mola yang tertabrak kapal-kapal besar karena tidak bisa menghindarinya. Selain itu, banyak ditemukan ikan ini mati tersangkut baling-baling kapal.

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah banyaknya sampah plastik dilautan juga menyumbang penyebab terancam punahnya ikan ini. Ikan mola-mola mengira sampah plastik adalah ubur-ubur yang menjadi makanannya. Akibatnya ikan ini sering tersedak karena salah menelan plastik yang dikiranya sebagai ubur-ubur.