Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Obat Mata Ayam Bengkak Serta Cara Mengobati Mata Ayam Bengkak Dengan Tepat

Salah satu masalah yang dihadapi oleh para peternak ayam yaitu penyakit mata ayam bengkak. Oleh karena itu perlu sekali kita sebagai peternak ayam mengetahui obat mata ayam bengkak. Selain itu juga harus mengetahui cara mengobati mata ayam bengkak dengan tepat.
Untuk itu, kali ini akan kami berikan informasi rekomendasi obat mata ayam bengkak yang bisa membantu anda dalam mengobta penyakit mata ayam bengkak.


mata ayam bengkak


Sebelum mencari obat mata ayam bengkak, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab mata ayam bengkak itu sendiri. Bisanya penyakit mata ayam bengkak ini terjadi karena penyakit snot. Penyakit snot ini juga biasa disebut sebagai penyakit korisa atau pilek ayam. Memang penyakit ini tidak seganas penyakit flu burung, tetapi tingkat penularannya sangat tinggi dan cepat.
Berikut ini informasi lengkap rekomendasi obat mata ayam bengkak serta cara tepat mengobatinya.


Langkah-Langkah Mengobati Penyakit Mata Ayam Bengkak :

  • Terlebih dahulu pisahkan ayam yang sakit ke kandang isolasi yang jauh dari kandang utama.
  • Setelah itu, bersihkan kandang utama. Jangan lupa untuk mengganti air dan juga mencuci tempat minum serta tempat makannya.
  • Tambahkan desinfektan pada air minum ayam di kandang utama maupun pada kandang isolasi.
  • Semprotkan desinfektan ke seluruh kandang. Lakukan penyemprotan ini juga pada ayam. Khusus untuk ayam lakukan pada siang hari agar bulu ayam cepat kering.
  • Untuk ayam yang masih sehat lakukan vaksinasi untuk mencegah penularan.
  • Untuk ayam yang terserang penyakit, pisahkan dengan ayam yang masih sehat.
  • Berikan air minum khusus untuk ayam yang sakit, campur dengan obat sakit mata dengan dosis sesuai petunjuk penggunaan.
  • Jika ayam tidak mau minum sendiri, pegang ayam dan arahkan paruhnya ke air minum yang telah diberikan obat sebelumnya.


Baca Juga :




Obat mata ayam bengkak yang bisa kita berikan yaitu Preparat Sulfat seperti Sulfadimethoxine atau Sulfathiazole. Bisa juga menggunakan preparat enrofloksacyn (enflox), preparat amphycillin dan colistin (Amphyivitacol). Selain itu, anda juga bisa menggunakan antibiotik untuk mengobati penyakit ayam ini. Yaitu dengan antibiotik seperti Ultramycin, Imequil  dan Corivit.
Untuk dosis penggunaan obat mata ayam bengkak yang kami tulis diatas sudah dijelaskan dalam kemasan terkait. Anda bisa membacanya terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut.