Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produktivitas Ayam Petelur Per Hari Dalam Ukuran Normal

Produktivitas Ayam Petelur Per Hari Dalam Ukuran Normal   
Banyak sekali peternak ayam petelur atau calon peternak ayam petelur menanyakan jumlah produktivitas ayam petelur per harinya. Info ini memang sangat penting bagi calon peternak ayam petelur yang dapat digunakan sebagai estimasi atau menghitung analisa keuntungan ternak ayam petelur.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh calon peternak yaitu “Berapa Kali Dalam Sehari Ayam Petelur Menghasilkan Telur?” selaian itu banyak juga yang menanyakan “Berapa Butir Dalam Sehari Ayam Petelur Bertelur?”.
Dari beberapa pertanyaan tersebut kami simpulkan bahwa jumlah produksi ayam petelur atau jumlah butir telur yang dapat dihasilkan oleh ayam petelur sangat dibutuhkan.  Untuk itu, berikut ini info lengkapnya untuk anda.


Produktivitas Ayam Petelur Per Hari Dalam Ukuran Normal


Baca Juga : Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Yang Direkomendasikan


Jumlah Butir Telur Yang Dihasilkan Oleh Ayam Petelur Dalam Sehari

Pada dasarnya, produksi ayam petelur dipengaruhi oleh ransum yang diberikan oleh peternak itu sendiri. Apabila ransum yang diberikan sudah tepat dan ideal, tentu saja produktivitas ayam petelur tersebut juga akan sangat baik. Sebaliknya apabila ransum yang diberikan jauh dari standar, tentu saja telur yang dihasilkan juga kurang maksimal. Bahkan kualitas telur yang dihasilkan juga sangat tidak layak.

Untuk jumlah produksi telur dari ayam petelur dalam sehari yakni  sebanyak dua butir saja. Hasil ini diambil dari kondisi ransum yang diberikan normal atau seperti literatur ransum ayam petelur yang banyak di sarankan oleh para ahli. Tetapi jika anda melakuakn observasi dengan memodifikasi ransum yang akan diberikan untuk ayam petelur anda. Bisa saja ayam petelur mampu menghasilkan banyak telur dalam sehari.

Seperti yang dilakukan oleh peternak asal Tuban, Jawa Timur. Asrori.
Ia mengatakan bahwa ayam petelur di peternakan yang ia kelola mampu menghasilkan rata-rata tiga butir telur per harinya. Hasil tersebut didapatkan oleh Asrori dengan ransum hasil modifikasinya sendiri.


Baca Juga : Cara Membersihkan Kandang Ayam Petelur Yang Benar Sekaligus Penyemprotan Kandang Ayam Petelur Yang Benar



Dengan ransum modifikasinya, ayam berjumlah seribu ekor dapat menghasilkan telur sebanyak 2.500 hingga 3.000 butir telur. Sementara dalam ukuran kilogram, ayam petelur di peternakanannya mampu menghasilkan kurang lebih 200 kilogram per harinya. Dengan total biaya ransum yang dibutuhkan untuk ayam petelur tersebut sebanyak Rp 1.000.000,- perharinya.

Untuk ukuran ideal, ayam petelur rata-rata mampu menghasilkan 2 butir telur per ekor dalam seharinya. Dengan catatan ransum yang diberikan adalah ransum standar ayam petelur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa memodifikasi ransum ayam petelur agar hasil yang didapatkan maksimal.