Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Ikan Gurame Berdasarkan Umur Yang Ideal Hingga Masa Panen

Pertumbuhan ikan gurame per bulan tentu saja berbeda-beda. Pertumbuhan ikan gurame pada saat umur2 bulan tentu saja berbeda dengan pertumbuhan ikan gurame per bulannya. Dan semua itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Terutama pakan dan juga lingkungan hidup kolam.

Perumbuhan ikan gurame per bulan yang normal tentu saja sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha budidaya ikan gurame untuk menjadi indikator apakah pengelolaan usaha budidaya ikan guramenya sesuai prosedur atau belum. Selain itu, pertumbuhan ikan gurame ini juga dapat dijadikan sebagai acuan apakah komposisi pakan yang diberikan sudah siap atau belum.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini rincian dari pertumbuhan ikan gurame berdasarkan umur hingga masa panen.


Pertumbuhan Ikan Gurame Berdasarkan Umur Yang Ideal Hingga Masa Panen


1. Ukuran Ikan Gurame Umur 3 Bulan

Ukuran ikan gurame pada saat berumur 3 bulan rata-rata memiliki panjang sekitar 2-3 cm. Sedangkan berat dari ikan gurame tersebut adalah 300 ekor per  kilogram. Pertumbuhan ikan gurame pada tahap ini dapat dipercepat dengan pemberian pakan  yang memiliki kandungan protein cukup tinggi.


2. Ukuran Ikan Gurmae Umur 6 Bulan

Selang tiga bulan selanjutnya, tentu saja ukuran ikan gurame akan bertambah. Pertambahan ukuran ikan gurame pada fase ini adalah pertumbuhan ikan gurame yang paling cepat. Ukuran ikan gurame yang berumur 6 bulan rata-rata memiliki panjang sekitar 5-8 cm. Sedangkan untuk bobot ikan gurame umur 6 bulan yakni 100 ekor per kilogram.


3. Ukuran Ikan Gurame Umur 10 Bulan

Pada umur 10 bulan, ikan gurame biasanya memiliki ukuran rata-rata 9-11 cm. Sedangkan untuk bobot ikan gurame berumur 10 bulan yaitu sekitar 80 ekor per kilogram.


4. Ukuran Ikan Gurame Umur 18 Bulan

Ukuran ikan gurame umur 18 bulan memiliki panjang sekitar 17-22 cm. Sedangkan untuk berat ikan gurame umur 18 bulan yaitu sekitar 10 ekor per kilogram. Biasanya ukuran ikan gurame umur 18 bulan ini sudah bisa dijual pada pelaku budidaya pembesaran ikan gurame.


5. Ukuran Ikan Gurame Umur 24 Bulan

Pada umur 24 bulan, ikan gurame biasanya memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 25 cm. Sedangkan untuk bobot ikan gurame umur 24 bulan biasanya memiliki berat 0,3 kilogram per ekor. Pada ukuran ini ikan gurame sudah bisa dijual untuk konsumsi.


6. Ukuran Ikan Gurame Umur 30 Bulan

Ukuran ikan gurame umur 30 bulan biasanya memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm. Untuk ikan gurame pada umur ini sudah masuk ke dalam ikan gurame dewasa yang sudah bisa dijual atau dipanen. Untuk bobot ikan gurame umur 30 bulan yaitu sekitar 0,5 kilogram.

7. Ukuran Ikan Gurame Umur 3 Tahun

Ikan gurame pada umur ini sudah memiliki bobot lebih dari setengah kilo. Biasanya ikan gurame dengan umur 3 tahun akan memiliki obot sekitar 0,7 kilogram. Sedangkan untuk panjang tubuhnya sekitar 32-35 cm.


8. Ukuran Ikan Gurame Umur 4 Tahun

Ukuran ikan gurame umur 4 tahun sudah mampu memiliki bobot sekitar`1 hingga 1,5 kilogram. Biasanya ikan gurame pada ukuran ini biasa digunakan untuk acara hajatan atau acara makan-makan keluarga. Karena ukurannya yang sudah besar. Ukuran panjang ikan gurame dengan umur 4 tahun memiliki panjang sekitar 40cm.

9. Ukuran Ikan Gurame Umur 5 Tahun

Untuk ikan gurame dengan umur 5 tahun merupakan ikan gurame yang sudah besar sekali. Panjang tubuhnya sudah mencapai 50 cm lebih. Sedangkan bobotnya sudah mencapai 2 kilogram.   

Untuk mendapatkan ukuran atau pertumbuhan seperti yang kami berikan diatas, tentu saja membutuhkan pakan yang ideal. Selain itu, pengelolaan kolam yang baik sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan gurame itu sendiri.

Seperti yang telah kami berikan informasinya yaitu pertumbuhan ikan gurame akan berada pada titik maksimal ketika kandungan protein pada pakan yang diberikan sebesar 40%. Tetapi ikan gurame masih dapat tumbuh dengan baik dengan pemberian pakan yang memiliki kandungan protein sebesar 20 hingga 30 persen saja.

Meskipun begitu, pertumbuhan ikan gurame per bulan atau pertumbuhan ikan gurame sesuai umur tentu saja akan memberikan hasil yang berbeda. Tidak semua pembudidaya akan mendapatkan pertumbuhan ikan gurame seperti yang telah kami sebutkan diatas.
Yang terpenting ukuran ikan gurame tidak terlalu berbeda jauh dengan ukuran ikan gurame diatas.