Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Bulu Anak Kucing Yang Ideal Dan Cara Merawatnya

Banyak dari pecinta kucing yang menanyakan tentang pertumbuhan bulu anak kucing. Sebenarnya pertumbuhan bulu anak kucing ini lebih cepat dibandingkan dengan kucing dewasa. Seperti pada hewan lainnya, tentu pada saat masih kecil pertumbuhannya akan lebih pesat dibandingkan pada saat sudah beranjak dewasa.

Selain tentang pertumbuhan bulu anak kucing. Biasanya para pecinta kucing juga menanyakan tentang cara merawat bulu anak kucing yang benar. Sehingga akan menghasilkan bulu yang indah dan halus ketika kucing sudah besar. Lalu bagaimana caranya dan sekaligus informasi terkait dengan pertumbuhan bulu anak kucing yang ideal ?
Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.


Pertumbuhan Bulu Anak Kucing Yang Ideal Dan Cara Merawatnya

Pertumbuhan Bulu Anak Kucing Yang Ideal


Pertumbuhan bulu kucing yang ideal yakni sekitar 0,4 – 0,5 mm per hari untuk ukuran kucing dewasa. Untuk kucing anakan atau anak kucing, biasanya pertumbuhan bulunya sedikit lebih cepat. Yakni kurang lebih 0,8 – 0,9 mm per hari. Terlebih jika di rawat dan menggunakan sampo kucing yang mempercepat pertumbuhan bulu. Tentu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal pula.


Cara Merawat Bulu Anak Kucing

Selain memperhatikan pertumbuhan bulu anak kucing, kita sebagai pemilik kucing juga harus melakukan perawatan bulu kucing dengan intensif atau maksimal. Agar bulu anak kucing nantinya menjadi cantik dan enak dipandang ketika sudah besar.
Lalu bagaimana cara merawat bulu anak kucing yang tepat ?
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Menyisir

Langkah pertama untuk merawat bulu anak kucing yaitu dengan menyisirnya secara teratur. Kita tentu malas bukan jika melihat bulu kucing yang terlihat kusut. Karena bulu kucing yang terlihat kusut itu akan menandakan bahwa kucing tersebut tidak dirawat oleh pemiliknya. Selain itu, tidak melakukan penyisiran pada bulu kucing secara teratur juga akan berdampak burung pada kesehatan kucing itu sendiri. Karena kucing akan lebih mudah terserang kutu-kutu kecil. Dan selanjutnya akan menyebabkan penyakit cacing pita.

Tentu tidak ingin bukan jika kucing kita terserang penyakit cacaing pita ?
Oleh karena itu, lakukan penyisiran secara berkala dan dilakukan dengan teknik yang benar. Berikut ini cara menyisir bulu anak kucing yang benar :
  • Lakukan penyisiran bulu anak kucing dari kepala hingga ekor. Lakukan berulang-ulang dengan arah yang berlawanan sehingga bulu-bulu tersebut tidak terlihat kusut dan lebih rapi.
  • Selanjutnya, sisir bulu kucing yang berada disekitar leher. Lakukan dengan arah yang berlawanan juga hingga bulu kucing anda terlihat lebih mengembang.
  • Setelah itu, sikat bulu anakan kucing dengan sisir sikat pada bagian kepala. Lakuka hal yang sama pada bagian punggung hingga ekor kucing. Teknik penyisiran ini dilakukan untuk membersihkan bulu-bulu yang sudah mati.
  • Terkahir, sikat kembali secara perlahan pada seluruh bulu di sekitar badan anak kucing ke arah luar.



2. Mencukur

Selain melakuakn penyisiran, anda juga perlu melakukan pencukuran pada bulu anak kucing. Hanya saja, pencukuran ini dilakukan untuk jenis kucing tertentu saja yang memiliki bulu cukup panjang meskipun masih anakan. Seperti jenis kucing persia misalnya.
Tetapi jika anda memiliki kucing jenis lain yang memiliki ukuran bulu kucing tidak rata atau tidak sama panjang, sebaiknya juga dilakukan pencukuran agar bulu kucing terlihat lebih rapi.

Bulu yang perlu diperhatikan adalah bulu yang ada pada sekitar telapak kaki dan sekitar telinga. Karana pada bagian ini akan membuat kucing kita terlihat tidak seperti kucing terawat. Untuk mempercantiknya, ada baiknya kita melakukan pencukuran dengan hati-hati.


3. Memandikan

Tahukah kalian jika anak kucing sejak lahir tidak pernah dimandikan oleh ibunya ?
Hal ini disebabkan kondisi tubuh anak kucing tersebut masih sangat lemah dan rentan terjadi kematian. Oleh karena itu, biasanya indukan kucing akan membersihkan bulu anaknya dengan cara menjilatinya sampai bersih.

Setalah berumur kurang lebih satu bulan ke atas, sebaiknya kita lakukan proses pemandian anak kucing. Langkah ini dilakukan agar pertumbuhan bulu kucing lebih optimal, kesehatan kucing terjaga dan untuk mempercantik bulu anak kucing itu sendiri.
Bagaimana caranya ?
Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti :
  • Jangan masukan kucing kedalam bak mandi, guyurkan air ke tubuh kucing dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit. Usahakan hingga merata dan air tidak masuk kedalam lubang telinga serta pada mata.
  • Tuang shampo khusus kucing di telapak tangan secukupnya lalu usahakan kesuluruh permukaan tubuh kucing. Lakukan secara perlahan dan gosok-gosokan pada permukaan bulu kucing dengan arah berlawanan secara lembut.
  • Setelah itu bilas dengan air bersih secara perlahan.
  • Yang terakhir segera keringkan bulu kucing menggunakan handuk kering. Tetapi perlu diperhatikan pada saat mengeringkan bulu kucing menggunakan handuk sebaiknya hentikan apabila handuk tersebut sudah basah. Lanjutkan pengeringan bulu kucing dengan pengering rambut secara perlahan dan hati-hati.