Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Kandang Ayam Broiler Yang Wajib Disiapkan Oleh Peternak

Untuk memulai usaha ayam broiler, selain kebutuhan kandang tentu ada beberapa perlengkapan kandang ayan broiler yang wajib disiapkan oleh peternak. Perlengkapan kandang ayam broiler tersebut berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan ayam broiler agar lebih maksimal. Selain itu, perlengkapan kandang ayam broiler juga berfungsi untuk menjaga kesehatan ayam broiler itu sendiri.

Banyak sekali perlengkapan kandang ayam broiler yang wajib dipersiapkan oleh para peternak. Dan biasanya modal untuk menyiapkan perlengkapan kandang ini tidak sedikit. Inilah yang membuat banyak orang enggan memulai usaha pembesaran ayam broiler. Lalu apa saja perlengkapan kandang ayam broiler yang harus disiapkan?
Berikut ini sinformasi lengkapnya yang bisa anda simak!



Perlengkapan Kandang Ayam Broiler Yang Wajib Disiapkan Oleh Peternak

Perlengkapan Kandang Ayam Broiler Yang Harus di Siapkan

Usaha ayam broiler akan mulai dipanen pada usia 5 – 6 pekan. Untuk itu persyaratan utamanya yaitu kebutuhan perlengkapan kandang harus terpenuhi. Tetapi jangan sampai over. Terkadang banyak sekali perlengkapan kandang yang tidak memiliki fungsi efektif didalam kandang, dan justru membuat area kandang semakin sempit. Selain itu juga menyulitkan ayam broiler itu sendiri. Untuk itu, telah kami rangkum perlengkapan wajib yang harus ada dalam kandang ayang broiler. Dengan perlengkapan ini, kemungkinan besar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha ternak ayam broiler. Berikut iniformasinya:


1. Litter

Perlengkapan kandang ayam broiler yang pertama yaitu litter. Litter sendiri merupakan alas kandang untuk ayam broiler. Tentu alas kandang ini tidak boleh asal atau sembarangan. Karena alas kandang atau litter untuk ayam broiler berperan penting dalam memperlancar proses pembesaran ayam.

Litter sendiri biasa digunakan dalam kandang ayam yang dibangung dengan bentuk postal. Litter ini idealnya memiliki ketebalan 10-15 cm. Dan terbuat dari bahan yang memiliki daya serap tinggi, tidak berbau dan tidak berdebu. Biasanya para peternak menggunakan sekam padi, serutan kayu, potongan jerami atau rumput kering sebagai bahan litter untuk kandang ternak ayam broiler miliknya.

Litter digunakan sekali pakai. Sehingga setelah memasuki periode masa panen. Sebaiknya litter diganti. Atau bisa juga dibalik dengan syarat tidak ada bibit penyakit yang menempel dan kebersihan masih ideal untuk pembesaran ayam broiler. Memang kandang broiler yang ideal yakni kandang panggung.


2. Pemanas

Perlengkapan kandang ayam broiler yang tak kalah penting dan wajib ada dalam kandang usaha ternak ayam broiler yakni pemanas. Pemanas ini berfungsi untuk memberikan suhu ideal bagi ayam broiler. Terutama pada saat ayam broiler masih kecil.

Pemanas ini biasa disebut dengan nama Brooder. Biasanya para peternak menggunakan tong yang di isi dengan kayu bakar. Pemanas bisa menggunakan bahan apa saja, yang terpenting memiliki sifat menghangatkan. Anda jug bisa membeli alat pemanas jika tidak ingin repot membuat Brooder sendiri.

 


3. Tempat Pakan Dan Minum

Perlengkapan kandang ayam broiler yang terkahir dan wajib ada yaitu peralatan pakan dan minum. Untuk perlatan pakan dan minum ini kita bisa membeli di toko khusus peternakan. Fungsi dari tempat pakan dan minum tentu sesuai dengan namanya. Yaitu sebagai tempat peternak memberikan pakan dan minum pada ayam broiler di kandang.

Tentu bisa dibayangkan jika sebuah kandang ayam broiler tidak memiliki tempat pakan maupun tempat minum. Oleh karena itu perlengkapan kandang yang satu ini sangatlah penting. Untuk memilih tempat pakan dan minum sebaiknya memilih peralatan yang terbuat dari bahan tidak mudah berkarat. Selain itu, proses penempatan perlengkapan kandang ini juga harus mudah dijangkau oleh ayam.


Baca Juga :



Itulah perlengkapan kandang ayam broiler yang wajib disiapkan oleh para peternak. Untuk beberapa perlengkapan tambahan telah kami siakan pada tabel dibawah ini. Silahkan simak informasinya!

Tabel Perlengkapan Kandang Ayam Broiler Beserta Harganya

Perlengkapan Kandang
Harga (Rupiah)
Satuan
Tempat Minum Otomatis
56.000
Set
Rantai + Pin Gantungan Pakan
900
Set
Tempat Makan Ayam 1 Kg
6.500
Set
Lepek TMA 1 Kg
3.000
Biji
Tutup TMA 1 Kg
4.000
Biji
Tempat Minum Ayam 1 Galon
12.000
Set
Lepek TMA 1 Galon
3.500
Biji
Botol TMA 1 Galon
9.500
Biji
Grill Krawangan Kecil / Besar
2.000 / 4.500
Biji
Lengser / Tempeh
8.000
Biji
Tempat Minum Ayam 1 Ltr
4.000
Set
Lepek TMA 1 Ltr
2.000
Biji
Botol TMA 1 Ltr
2.500
Biji
Wall Fan 30 Inc
925.000
Set
Cooling Pad (1.5x60x15)
470.000
Biji
Kompor LPG Modif Brooder
80.000
Biji