Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tertinggi Telur Jangkrik Tidak Menetas Yang Perlu Di Pahami

Banyak faktor yang menjadi penyebab telur jangkrik tidak menetas. Bisa terjadi karena cuaca atau suhu penetasan yang tidak ideal. Dan bisa juga karena kualitas telur jangkrik itu sendiri.
Kegagalan dalam menetaskan telur jangkrik tentu menjadi bayang-bayang yang menakutkan bagi para peternak. Pasalnya kegagalan dalam menetaskan telur jangkrik ini nantinya akan membuat usaha ternak jangkrik kita menjadi rugi atau tidak unutng.

Penyebab telur jangkrik tidak menetas dan cara mengatasinya tentu ilmu yang harus dimiliki oleh para peternak jangkrik. Sehingga ketika suatu saat telur jangkrik tidak menetas atau gagal menetas, kita sebagai peternak mengetahui kesalahan ataupun tindakan yang harus diambil. Untuk itu, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai penyebab kegagalan dalam menetaskan telur jangkrik. Simak informasinya berikut ini!


Telur Jangkrik Tidak Menetas

Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas

Sebelum kita mencari tahu tentang penyebab telur jangkrik tidak menetas, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami informasi mengenai ciri-ciri telur jangkrik yang kemungkinan besar tidak dapat menetas. Tentu hal ini harus dipahami oleh semua peternak agar nantinya ketika membeli telur tidak salah pilih.


1. Telur Terlihat Kempes

Ciri-ciri telur yang kemungkinan besar gagal menetas yaitu telur terlihat kempes. Telur jangkrik yang kempes disebabkan oleh berkurangnya kadar air didalam telur tersebut. Bisa terjadi karena kurangnya kelembaban dalam media penetas yang telah kita sediakan.


2. Telur Jangkrik Terlihat Gosong

Ciri kedua telur jangkrik yang kemungkinan besar gagal menetas yaitu telur jangkrik terlihat gosong. Penyebab telur jangkrik terlihat gosong sendiri yakni akibat kelembaban yang berkurang. Sama persis dengan telur jangkrik yang terlihat kempes tadi.

3. Telur Jangkrik Menggumpal

Ciri-ciri telur jangkrik yang kemungkinaan besar gagal menetas lainnya yaitu telur jangkrik menggumpal. Penggumpalan pada telur jangkrik ini disebabkan kondisi suhu media penetasan yang terlalu basah atau juga terlalu lembab. Biasanya akibat media yang terlalu basah ini tidak hanya akan membuat telur jangkrik menggumpal. Tetapi lebih ke berjamur jika sudah dalam kondisi yang parah.


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas

Setelah anda mengetahui ciri-ciri telur jangkrik yang kemungkinan besar gagal menetas. Selanjutnya berikut ini kami berikan informasi mengenai penyebab telur jangkrik tidak menetas. Silahkan simak informasi lengkapnya!


1. Mutu Indukan Yang Jelek

Salah satu faktor paling menentukan dalam keberhasilan penetasan telur jangkrik yakni mutu atau kualitas indukan dari jangkrik itu sendiri. Indukan jangkrik betina dan jantan harus benar-benar dalam kondisi yang sangat sehat. Selain itu, kondisi kandang dan kualitas pakan juga harus diperhatikan. Karena nantinya ketika indukan jangkrik yang akan kita ambil telurnya kurang sehat, maka otomatis telur jangkrik yang dihasilkan juga akan kurang sehat. Tetapi kadang dipengaruhi juga proses perkawinan yang gagal. Semisal indukan betina tidak dapat dibuahi oleh indukan jantan. Yang akhirnya hanya akan menghasilkan telur interfil atau telur yang tidak bisa menetas.

2. Kesalahan Dalam Pemeraman

Biasanya kesalahan ini terjadi pada telur jangkrik usia muda. Sebaiknya untuk menetaskan telur jangkrik usia muda harus melewati masa pemeraman terlebih dahulu. Jika tidak melewati proses ini otomatis akan terjadi kegagalan.


3. Kesalahan Dalam Penetasan Telur Jangkrik

Penyebab telur jangkrik tidak menetas yang terkahir yaitu kesalahan dalam proses penetasan. Biasanya ini terjadi pada 2 langkah yang salah dan biasa dilakukan oleh peternak. Yaitu menetaskan telur jangkrik yang masih terlalu muda. Dan juga kondisi kandang yang tidak sesuai dengan standar penetasan telur jangkrik itu sendiri. Kandang penetasan seharusnya memiliki suhu antara 27-31 derajat Celcius dan kelembaban sekitar >95%.


Baca Juga : Waktu Ideal Untuk Memisahkan Telur Jangkrik Dari Induknya