Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Leher Ayam Bengkak Dan Cara Mengobatinya

Penyebab leher ayam bengkak belum banyak diketahui oleh para peternak ayam. Sehingga masih banyak yang bingung jika ayam yang di ternak menderita penyakit leher bengkak. Pada kasus ini justru banyak para peternak yang salah dalam mengambil langkah ketika mengobati leher ayam bengkak.

Penyebab leher ayam bengkak sendiri sebenarnya karena penyakit tetelo atau lebih dikenal sebagai penyakit ND. Tetelo atau Newcastle Disease atau juga biasa disebut sebagai penyakit sampar ayam merupakan penyakit yang paling sering menyerang dan ditemukan pada peternakan ayam. Bahkan pada semua jenis ayam baik pedaging maupun petelur. Penyakit ini  memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi, sehingga harus cepat dilakukan penanganan apabila ayam anda terjangkit penyakit tetelo.
Penyakit tetelo merupakan suatu infeksi viral yang disebabkan oleh virus Pramyxo. Biasanya virus ini ditularkan oleh para burung liar.


leher ayam bengkak


Salah satu ciri-ciri penyakit ayam tetelo adalah adanya gejala bengkak pada leher ayam. Jika ayam yang terserang tetelo sudah terjadi bengkak leher. Maka bisa dipastikan bahwa ayam tersebut sudah menderita penyakit Tetelo kurang lebih selama 10 hingga 14 hari. Atau sudah memasuki fase gejala klinis.

Untuk mengobati penyakit bengkak leher ayam ini belum ada obatnya. Yang bisa dilakukan adalah pencegahan ayam agar tidak terserang penyakit tetelo atau bengkak leher ayam. Caranya dengan memberikan vaksinasi berupa vaksin ND. Selain itu, karantina juga ayam yang sudah terjangkit dengan penyakit tetelo.


Baca Juga : Cara Vaksin Suntik Pada Semua Jenis Ayam Yang Diternakkan



Para peternak juga sangat mengkhawatirkan ayam di peternakannya terjangkit penyakit ini. Sehingga, rata-rata para peternak lebih memilih menghindarinya dengan cara melakukan pencegahan sejak dini untuk mengatasi penyakit leher bengkak atau penyakit tetelo ini.

Itulah penyebab bengkak leher ayam yang sering ditanyakan oleh para petrnak. Biasanya bengkak ini tidak hanya pada leher ayam. Tetapi juga pada bagian bawah mata. Jika sudah sampai leher pertanda penyakit yang menyerang ayam ini sudah cukup parah dan segera dilakukan karantina agar tidak menular pada ayam yang lainnya.