Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Tetelo (ND) Dan Cara Mudah Mengobatinya

Penyakit tetelo (ND) tentu menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang pada peternakan ayam. Banyak para pelaku usaha petrnakan ayam yang mengeluh dnegan adanya penyaki tetelo ini. Banyak sekali ayam yang mati akibat penyakit tetelo.


Penyakit Tetelo (ND) Dan Cara Mudah Mengobatinya


Apa sebenarnya penyakit tetelo itu ?
Dan bagaiamana cara mengobati penyakit tetelo yang benar ?
Berikut ini informasi seputar oenyakit tetelo pada ayam lengkap untuk anda.


Tetelo / Newcastle Disease

Penyakit ayam yang sering menyerang pada urutan pertama yaitu penyakit tetelo (ND). Tentu para peternak sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini. Untuk peternak ayam pemula sangat perlu mengetahui informasi tentang penyakit ayam tetelo ini.

Tetelo atau Newcastle Disease atau juga biasa disebut sebagai penyakit sampar ayam merupakan penyakit yang paling sering menyerang dan ditemukan pada peternakan ayam. Bahkan pada semua jenis ayam baik pedaging maupun petelur. Penyakit ini  memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi, sehingga harus cepat dilakukan penanganan apabila ayam anda terjangkit penyakit tetelo.

Penyakit tetelo merupakan suatu infeksi viral yang disebabkan oleh virus Pramyxo. Biasanya virus ini ditularkan oleh para burung liar.

Ciri-ciri ayam yang terserang penyakit tetelo antara lain :
  • Ayam terlihat lesu
  • Nafsu makan ayam berkurang
  • Produksi telur akan turun drastis
  • Gangguan pernapasan pada ayam
  • Batuk, mulut berlendir dan kotoran akan lebih encer berwarna kehijauan
  • Pada bagian cengger dan kepala berwarna kebiruan serta kornea ayam akan terlihat keruh


Baca Juga :



Cara Mengobati Penyakit Tetelo

Untuk pengobatan penyakit tetelo belum tersedia hingga saat ini. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah melakukan pencegahan agar ayam tidak terserang penyakit tetelo. Caranya yaitu dengan memberikan vaksinasi berupa vaksin ND. Selain itu ketika sudah ada ayam yang sudah terjangkit dengan penyakit tetelo sebaiknya dilakukan proses karantina.