Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit DOC Ayam Yang Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

Penyakit ayam ternyata tidak hanya menyerang pada ayam dewasa saja. Tetapi juga menyerang pada DOC ayam. Penyakit DOC ayam tentu lebih mengkhawatirkan dibanding dengan penyakit ayam dewasa. Hal ini dikarenakan penyakit DOC ayam akan memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi. mengingat DOC ayam belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup baik.


penyakit DOC ayam


Para peternak juga mengatakan bahawa penyakit DOC ayam akan memiliki tingkat kematian yang tinggi. biasanya mencapai 70 hingga 80 persen. Hal inilah yang paling dikhawatirkan oleh para pelaku usaha peternakan ayam. Baik ayam pedaging maupun ayam petelur.

Berikut ini informasi mengenai penyakit DOC ayam yang sering menyerang dan cara tepat mengobatinya:


1. Tetelo

Penyakit DOC ayam yang pertama adalah penyakit tetelo. Tetelo atau Newcastle Disease atau juga biasa disebut sebagai penyakit sampar ayam merupakan penyakit yang paling sering menyerang dan ditemukan pada peternakan ayam. Bahkan pada semua jenis ayam baik pedaging maupun petelur. Penyakit ini  memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi, sehingga harus cepat dilakukan penanganan apabila ayam anda terjangkit penyakit tetelo.

Penyakit tetelo merupakan suatu infeksi viral yang disebabkan oleh virus Pramyxo. Biasanya virus ini ditularkan oleh para burung liar.
Ciri-ciri ayam yang terserang penyakit tetelo antara lain :
  • Ayam terlihat lesu
  • Nafsu makan ayam berkurang
  • Produksi telur akan turun drastis
  • Gangguan pernapasan pada ayam
  • Batuk, mulut berlendir dan kotoran akan lebih encer berwarna kehijauan
  • Pada bagian cengger dan kepala berwarna kebiruan serta kornea ayam akan terlihat keruh

Untuk pengobatan penyakit tetelo belum tersedia hingga saat ini. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah melakukan pencegahan agar ayam tidak terserang penyakit tetelo. Caranya yaitu dengan memberikan vaksinasi berupa vaksin ND. Selain itu ketika sudah ada ayam yang sudah terjangkit dengan penyakit tetelo sebaiknya dilakukan proses karantina.


2. Gumboro

Penyakit DOC ayam yang berikutnya yaitu penyakit gumboro. Penyakit ayam ini disebabakan oleh virus Genus Avibirnavirus. Biasanya virus ini penyebarannya melalui kontak langsung. Misal melalui tempat makan dan juga tempat minum pada ayam.

Penyakit ini tidak langsung berdampak pada ayam, tetapi biasanya ayam yang sudah terjangkit penyakit ini akan mengalami masalah pada sistem imunnya. virus dari penyakit gumboro juga dapat bertahan selama 3 bulan pada tubuh ayam. Dan biasanya akan menyebabkan infeksi pada berbagai organ vital ayam itu sendiri, dan pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada ayam.
Untuk ciri-ciri ayam yang terjangkit penyakit gumboro antara lain :
  • Nafsu makan ayam berkurang
  • Ayam terlihat tampak lesu dan sayu atau mengantuk
  • Bulu kusam dan tubuhnya bergetar
  • Diare berlendir
  • Dan biasanya keseimbangan ayam akan berkurang

Cara mengobati penyakit ayam yang satu ini juga sama dengan penyakit tetelo. Penyakit ayam yang satu  ini belum ada obatnya. Untuk cara pencegahan sebaiknya lakukan vaksinasi secara rutin menggunakan Gumboro Vaccin Nobilis, Delvax Gumboro, dan Bursavac.


3. Bronchitis

Penyakit DOC ayam yang satu ini terjadi pada saluran pernapasan. Bronchitis sendiri bisa menular pada ayam lain melalui udara. Dan penyakit DOC ini biasanya memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi. yaitu mencapai 80%.
Untuk mengatasi penyakit ini anda perlu melakukan vaksinasi secara teratur. Karena obatnya saat ini belum ditemukan.

4. Cacar

Penyakit yang sering menyerang DOC ayam yang terkahir yaitu penyakit cacar.penyakit ini disebabkan oleh virus Aviplox. Virus ini dapat menular dan menyebar ke kandang terdekat.ciri-cirinya yaitu DOC memiliki bintik-bintik putih pada sekitar kulitnya. Dan terkadang ada benjolan seperti bisul di area trakea atau mulut DOC. Mesikpun penyait ini tidak bisa diobati tetapi penyakit ini tidak terlalu mematikan. Tetapi tetap saja kita harus mengantisipasi apabila DOC yang kita pelihara terindikasi dengan penyakit ini. 

Pada DOC yang terserang penyakit cacar sebaiknya berikan pakan lunak. Selain itu tempatkan DOC ayam di kandang yang kering dan hangat. Hal ini agar ayam merasa nyaman dan juga mencegah penularan pada DOC yang lainnya.