Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemberian Vitamin Ayam Joper Yang Tepat Agar Pertumbuhannya Maksimal

Selain vaksinasi, pemberian vitamin ayam joper juga perlu dilakukan. Vitamin untuk ayam joper atau biasa disebut dengan multivitamin ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh ayam joper itu sendiri. sehingga, selain dengan vaksin ayam joper juga sebaiknya diberikan multivitamin agar terhindar dari berbagai penyakit yang kapan saja bisa menyerang ayam joper tersebut.


vitamin ayam joper


Pemberian vitamin ayam joper dilakukan bergantian dengan jadwal vaksinasi. Hal ini dilakukan agar tidak over dosis sekaligus untuk memaksimalkan kinerja vaksin serta multivitamin ayam joper itu sendiri. Untuk jadwal pemberian vitamin pada ayam joper yang tepat bisa anda lihat pada informasi dibawah ini :
  • Pemberian vitamin ayam joper yang pertama dilakukan pada saat ayam joper berumur 1 hari. Vitamin yang diberikan yaitu Vitachic atau Neo meditril. Cara pemberian vitamin ayam joper ini dengan cara dicampurkan dengan air minum. Fungsinya vitamin ini untuk meningkatkan ketahanan tubuh ayam joper itu sendiri. Selain itu juga untuk mengatasi stress pada ayam serta mencegah terjadinya penyaki Pullorum dan kolera.
  • Pemberian vitamin ayam joper yang kedua diberikan pada saat ayam joper berumur 4 – 6 hari. Vitamin yang diberikan pada tahap ini yaitu Vitachic dan Vitastress. Pemberian vitamin ini bertujuan untuk memacu pertumbuhan ayam joper serta mencegah terjadinya stress. Pemberiannya cukup dicampurkan dengan air minum.
  • Pemberian vitamin ayam joper tahap ketiga yaitu pada saat ayam joper berumur 12 – 13 hari, umur 22-24 hari serta umur 31-32 hari. Untuk jenis vitamin yang diberikan yaitu Vita Stress atau bisa juga menggunkana Fortevit. Fungsinya untuk mencegah stress dan memacu pertumbuhan. Cara pemberiannya dicampur dengan air minum.
  • Pemberian vitamin ayam joper tahap terakhir diberikan pada saat ayam joper berumur 42 dan 84 hari. Pemberian  vitamin ini dilakukan untuk mencegah ayam joper dari penyakit cacingan. Yang tentu saja akan menghambat pertumbuhan ayam joper itu sendiri. Cara pemberiannya tetap sama yaitu melalui air minum.

Itulah tahapan pemberian vitamin ayam joper yang tepat. Lakukan secara rutin agar kematian ayam joper dapat ditekan dengan maksimal. Perlu diketahui bahwa tingkat kematian ayam joper hanyalah 2% saja. Cukup kecil, sehingga jika dilakukan vaksinasi dan juga pemberian multivitamin tentu akan menekan angka kematian yang sangat efektif.