Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ternak Jangkrik Agar Cepat Besar Yang Mudah Di Temukan


Dalam usaha ternak jangrik tentu kita akan mengharapkan jangkrik yang diternak akan cepat besar. Oleh karena itu segala cara tentu akan kita lakukan. Termasuk juga mencari pakan ternak jangkrik agar cepat besar. Sehingga nantinya usaha ternak jangkrik akan cepat panen dan keuntungan yang akan di dapatkan pun akan lebih maksimal.
Untuk lebih lengkapnya terkait dengan pakan ternak jangkrik agar cepat besar bisa anda simak dalam informasi berikut ini!

makan ternak jangkrik

Pakan Ternak Jangkrik Agar Cepat Besar

Pakan merupakan salah satu faktor penting dalam usaha peternakan. Tidak terkecuali pada usaha ternak jangkrik. Sekitar 60% biaya produksi dalam usaha ternak yaitu berasal dari pakan. Oleh karena itu, ada baiknya pada saat menekuni usaha ternak jangkrik kita mencari pakan ternak jangkrik yang berkualitas. Sehingga jangkrik yang kita ternak menjadi cepat besar.
Dalam ternak jangkrik sendiri ada 2 jenis pakan yang bisa kita gunakan. Diantaranya sebagai berikut!

1. Konsentrat Ayam / Voor Ayam (Pakan Utama)

Pakan ternak jangkrik yang utama dan biasa digunakan adalah pakan pabrikan untuk ayam atau biasa kita menyebutnya dengan Voor ayam. Biasanya pakan yang digunakan adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan terlebih dahulu. Untuk pakan ternak jangkrik, semakin halus pakan pabrikan yang diberikan maka akan semakin bagus.

Pakan ini merupakan pakan wajib untuk ternak jangkrik. Karena kandungan gizi pada pakan ini yang mampu memenuhi kebutuhan gizi pada jangkrik itu sendiri. Jika dirasa terlalu mahal anda juga bisa menggantinya dengan pakan pabrikan untuk burung puyuh. Tetapi untuk hasil yang maksimal tentu saja kami rekomendasikan tetap mengunakan pakan Voor ayam dari Phokpand 511.


2. Hijau (Pakan Tambahan)

Pakan ternak jangkrik yang kedua yaitu berasal dari hijauan yang bisa berupa sayuran atau dedaunan. Misal daun singkong, daun pepaya, sawi  dan kangkung. Hijauan untuk ternak jangkrik ini  bukan hanya sekedar pakan tambahan yang semau kita untuk memberikannya. Justru pakan hijauan ini juga sangat penting. Mengingat habitat alami jangkrik memakan tumbuhan seperti krokot dan daun segar. Untuk itu, pakan hijauan ini harus ada dalam menu makan jangkrik. Atau bisa kita katakan sebagai pakan pendamping bukan tambahan. Untuk jenis pakan hijauan pada ternak jangkrik diantaranya:
  • Buah pepaya muda yang diiris tipis
  • Daun pepaya segar (tua dan muda)
  • Pohon pepaya (daging bagian dalam)
  • Daun pisang segar
  • Gedebok pisang (sebagai tambahan)
  • Daun singkong
  • Sawi putih
  • Gambas dan lain-lain


Baca Juga : Umur Ideal Indukan Jangkrik Siap Bertelur


Itulah jenis pakan ternak jangkrik yang harus anda siapkan pada saat akan mulai menekuni usaha ternak jangkrik. Usahakan untuk memberikan pakan yang berkualitas agar usaha ternak jangkrik yang anda kelola memberikan hasil panen yang maksimal pula.