Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar Panen 4 Bulan Untuk Skala Usaha

Mencari pakan ikan nila agar cepat besar sangat dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Terlebih jika pakan tersebut harganya murah tentu saja keuntungan yang akan kita dapatkan juga akan bertambah banyak.

Banyak sekali yang mencari informasi terkait dengan jenis pakan ikan nila agar cepat besar. Padahal agar ikan nila cepat besar tentu saja membutuhkan asupan gizi yang cukup. Sehingga ikan nila akan cepat besar dan cepat panen.
Lalu apa pakan terbaik untuk ikan nila agar cepat besar ?

Sejatinya jenis pakan ikan nila agar cepat besar yaitu pakan pabrikan. Karena pakan pabrikan mengandung kadar protein yang tinggi. selain itu, pakan pabrikan memang sengaja diolah untuk digunakan sebagai pakan budidaya ikan. Tentu akan memperhatikan berbagai kualitas serta kebutuhan kandungan gizi terhadap ikan konsumsi itu sendiri.

Tetapi jika anda menginginkan pakan jenis lain, ada beberapa pakan alternatif ikan nila agar cepat besar. Diantaranya sebagai berikut.


Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar Panen 4 Bulan Untuk Skala Usaha


Pakan Alternatif Ikan Nila Agar Cepat Besar



1. Azolla Pinnata

Pakan alternatf ikan nila yang pertama yaitu dari jenis tumbuhan paku air. Tumbuhan ini bernama Azolla Pinnata. Tumbuhan paku ini memiliki ukuran antara 1-4 cm dan merupakan tumbuhan yang cepat sekali berkembang biak. Biasanya banyak ditemukan dikolam atau pada sawah.

Azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebagai pakan alternatif, yaitu sekitar 31%. Dengan kandungan protein yang cukup tinggi, tentu pakan alternatif ini sangat cocok untuk pakan alternatif ikan nila. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, salah satu dari daerah Ciamis mengatakan bahwa pemberian Azolla sebanyak 10% dari total jumlah pakan sangat efektif untuk menambah berat ikan atau bobot ikan nila. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bila kita gunakan dengan maksimal.

Pakan ini dapat diberikan dalam kondisi basah maupun kering. Pemberiannya bisa langsung ditebar dipermukaan air kolam. Disarankan pemberian pakan ini dalam kondisi kering, karena Azolla sendiri jika diberikan dalam kondisi basah tentu saja ikan nila hanya akan kenyang air dan mendapatkan sedikit kandungan protein. Karena pakan ini banyak mengandung air.


2. Lemna SP

Lemna SP juga termasuk ke dalam tumbuhan hijau yang kaya akan protein dan bisa digunakan sebagai pakan alternatif ikan nila. Tumbuhan hijau ini mengandung protein sebesar 10-45%. Cukup tinggi bukan ?

Tumbuhan ini juga memiliki sifat sama seperti Azolla, yakni memiliki perkembangan atau pertumbuhan yang sangat cepat sekali. Pertumbuhannnya mampu mencapai 40% perhari, sedangkan umur Lemna hanya mampu bertahan hingga 10 hari saja.

Cara pemberian pakan alternatif ini bisa langsung ditebarkan pada permukaan air kolam. Pemberiannya pun juga bisa dilakukan dalam kondisi basah maupun kering. Keduanya memiliki efek yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.


3. Wolffia

Tumbuhan yang bisa dijadikan pakan alternatif ikan nila selanjutnya yaitu Wolffia. Tumbuhan ini disebut sebagai tanama berbunga yang terkecil di dunia. Tumbuhan berbunga ini sangat baik untuk digunakan sebagai pakan alternatif ikan nila. Bahkan bisa diberikan ketika ikan nila masih dalam tahap pembenihan. Tidak seperti Lemna yang hanya bisa diberikan pada ikan nila yang masih berukuran benih.

Tumbuhan ini juga sering disebut sebagai watermeal atau duckweed. Yaitu tumbuhan hijau yang melayang-layang diatas air dan berwarna kekuningan atau hijau. Pemberiannya juga bisa diberikan dalam kondisi basah maupun kering. Untuk cara budidaya Wolffia bisa kamu baca pada artikel Cara Budidaya Wolffia Di Kolam Terpal Untuk Skala Usaha Maupun Untuk Pakan Ikan


4. Manggot

Manggot adalah larva dari serangga black soldier fly atau sering disebut sebagai lalat tentara. Bentuk dari manggot menyerupai dengan larva lalat lainnya, hanya saja ukurannya lebih besar dan biasanya berwarna agak kecoklatan.

Manggot merupakan salah satu jenis pakan alternatif terbaik yang bisa digunakan untuk pakan ikan nila. Kandungan protein dari manggot ini sangat tinggi, yaitu sekitar 40%. Tentu saja dengan kandunga protein yang sangat tinggi ini akan dapat meningkatkan pertumbuhan ikan nila.
Pemberian manggot bisa langsung diberikan pada ikan nila dengan cara menebarkan pada permukaan kolam. Dan pemberian yang efektif yaitu dibawah 20% dari total kebutuhan pakan ikan nila per harinya.
Sebenarnya banyak sekali pakan alternatif ikan nila yang lainnya seperti daun talas, daun singkong maupun dedak atau bekatul. Tetapi lebih kami sarankan untuk menggunakan pakan alternatif diatas. Selain murah anda juga dapat membudidayakan pakan alternatif diatas dengan mudah dan cepat. Dan tentu saja memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.