Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ideal Ikan Gurame Berdasarkan Umur Hingga Panen

Banyak sekali jenis pakan ikan gurame yang ideal. Hal ini disebabkan karena ikan gurame adalah ikan yang cenderung omnivora. Sehingga jenis pakan ikan gurame pun tergolong cukup banyak.
Yang terpenting dalam pemilihan pakan ikan gurme ini akan membuat ikan gurame cepat besar. Sehingga dalam pemberian pakannya tidak sia-sia.

Pakan paling ideal agar gurame cepat besar yaitu pakan yang memiliki kandungan protein sebesar 40%. Tetapi jika kita menggunakan pakan dengan kandungan protein yang tinggi tentu saja biaya produksinya akan sangat mahal. Sehingga jalan satu-satunya yaitu menggunakan pakan alternatif. Sehingga hasil akhirnya pakan untuk ikan gurame mengandung protein sebesar 20-30 persen saja.


Pakan Ideal Ikan Gurame Berdasarkan Umur Hingga Panen


Komposisi pakan ikan gurame cukup menggunakan 3 bahan pakan. Misalnya 33 bagian menggunakan tepung ikan, 2 bagian tepung  daging, dan 65 bagian dedak halus. Kadar protein 33 bagian tepung ikan (berdasarkan resep daftar makanan diatas) adalah 60/100 x 33 = 19,8%. Kadar protein tepung daging 80/100 x 2 = 1,6%. Kadar protein dedak halus 15/100 x 65 = 9,75%. Kadar protein keseluruhan pakan 31,1%. Pakan berdasarkan resep ini masih memenuhi syarat untuk pakan ikan gurame. Sehingga bisa digunakan sebagai pakan alternatif ikan gurame.


Baca Juga :




Untuk melihat jenis pakan untuk ikan gurame agar cepat besar bisa anda lihat pada tabel jenis pakan ideal untuk ikan gurame dibawah ini :

Umur Ikan
Jenis Pakan
10 hari
Putih telur yang ada pada pundi-pundi di tubuh larva
1,5 bulan
Makanan hewani (rayap, ulat, telur, semut merah, dam kuning telur yang direbus)
1,5 – 3 bulan
Makanan hewani, tumbuhan halus, paku air dan bungkil lunak
3,5 – 8 bulan
Tumbuh-tumbuhan halus, dedak da pelet
8 bulan sampai setahun lebih
Pelet, daun-daunan, ampas0ampasan dan dedak

Itulah jenis pakan untuk ikan gurame agar cepat besar. Sebaiknya dalam pemberian pakan alternatif pada gurame tetap memperhatikan kandungan protein yang dibutuhkan oleh ikan gurame tersebut. Sehigga hasilnya tidak akan mengecewakan dan ikan gurame cepat besar serta cepat panen.