Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Entok Agar Cepat Bertelur Yang Direkomendasikan Untuk Skala Bisnis

JSMALFAMART.COMPakan Entok Agar Cepat Bertelur Yang Direkomendasikan Untuk Skala Bisnis
Semua peternak tentu saja menginginkan agar entoknya cepat bertelur. Sehingga banyak yang mencari pakan entok agar cepat bertelur. Pakan entok yang mampu meningkatkan produksi telur tentu saja akan lebih menguntungkan. karena dengan meningkatknya jumlah produksi telur tentu saja hasil penjualan telurnya akan lebih maksimal.

Pemilihan pakan entok agar cepat bertelur merupakan pemilihan atau langkah yang sangat krusial. Karena inilah bagian penting atau faktor yang paling penting dalam menentukan keberhasilan ternak entok yang kita lakukan. Sehingga perlu perhitungan yang sangat matang. Jangan sampai dengan memilih pakan entok yang bisa membuat entok cepat bertelur justru bukan menambah keuntungan tetapi malah berdampak pada peningkatan biaya produksinya.




Pakan entok agar cepat besar tentu saja adalah pakan yang baik yang sesuai prosedur. Pakan entok yang dapat meningkatkan produktivitas tentu saja pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dengan ransum yang tepat. Biasanya pakan pabrikan yang mampu memenuhi syarat ini. Tetapi tentu saja harganya yang sangat mahal akan berdampak pada keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak peternak entok yang mulai membuat pakan fermentasi sendiri. Karena telah dibuktikan bahwa pakan entok agar cepat bertelur adalah suatu hal yang sangat mungkin. Karena pada dasarnya peningkatan mutu nutrisi yang terkandung salah satunya adalah kandungan protein dan kalsium yang lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh entok mampu meningkatkan produktivitas entok itu sendiri.

Sehingga jika kita membuat ransum atau pakan ayam sendiri yang bahan bakunya terdiri dari bahan yang memang telah mempunyai kandungan protein serta kalsium yang tinggi. tentu saja dapat dipastikan bahwa entok yang sedang kita kelola akan cepat bertelur.

Cara membuat pakan fermentasi untuk entok agar cepat bertelur sebenarnya sangat mudah. Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda :

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Jagung sebanyak 2 kilogram
  • Dedak atau  bekatul 5 kilogram
  • Ampas tahu 8 kilogram
  • Konsentrat unggas petelur sebanyak 1 kilogram
  • Probiotik


Baca Juga : Ternak Entok VS Ternak Bebek Lebih Untung Mana ?


Langkah-langkah pembuatan :
  1. Siapkan terpal sebagai wadah pakan yang akan di fermentasi.
  2. Setelah itu, campur semua bahan diatas diatas terpal lalu aduk hingga tercampur rata.
  3. Sambil diaduk hingga tercampur rata, silahkan cek apakah pakan terlalu basah atau terlalu kering.
  4. Pakan entok fermentasi yang baik yaitu “pero” artinya tidak basah dan tidak kering. Jika dipegang basah tetapi apabila diperas tidak mengeluarkan air.
  5. Setelah itu, tambahkan probiotik pada pakan sebanyak satu gelas air minum.
  6. Aduk kembali hingga benar-benar merata agar proses fermentasi bisa lebih cepat
  7. Setelah tercampur dengan rata, silahkan tutup rapat terpal dan biarkan selama 12 jam sampai proses fermentasi selesai.
  8. Ciri-ciri pakan fermentasi yang sudah siap digunakan yaitu munculnya hawa panas ketika terpalnya disentuh.


Itulah pakan entok agar cepat bertelur. Yang terpenting dalam pemberian pakan maupun pembuatan pakan alternatif gunakan bahan-bahan yang mengandung protein tinggi. Karena dengan protein inilah yang menjadi kunci agar entok dapat cepat bertelur maupun mampu untuk meningkatkan produksi telurnya.