Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Bertelur


Sebagai peternak murai batu, hendaknya mampu memilih jenis pakan burung murai batu agar cepat bertelur. Karena hal ini akan mempengaruhi besarnya keuntungan yang akan kita raih nantinya. Selain untuk memperoleh keuntungan, memilih pakan burung murai batu agar cepat bertelur juga akan mempermudah kita dalam proses perkawinan murai batu itu sendiri.

Mungkin banyak para peternak murai batu yang belum mengetahui beberapa jenis pakan yang dapat membuat murai batu cepat bertelur. Sehingga mereka hanya mengandalkan indukan yang berkualitas saja. Padahal jika dibantu dnegan pemberian pakan yang dapat merangasang murai batu agar cepat bertelur akan lebih memudahkan para peternak itu sendiri untuk mendapatkan bibit murai batu. Yang nantinya bisa dijual dengan harga mahal.
Untuk mengetahui apa saja jenis pakan yang bisa kita pilih agar murai batu cepat bertelur bisa dilihat pada informasi dibawah ini.

Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Bertelur

Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Bertelur

Untuk membuat murai batu cepat bertelur bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Terutama pada pakan yang kita berikan. Pakan memiliki peran besar dalam proses reproduksi burung murai batu itu sendiri. Tidak hanya kualitas indukan saja. Sehingga kita sebagai peternak harus pandai dalam memilih pakan murai batu agar cepat bertelur.

Baca Juga : Efek Samping Pemberian Cicak Pada Murai Batu Yang Perlu Di Ketahui Oleh Pecinta Burung Kicau


Selain memilih pakan juga ada beberaa hal yang perlu diperhatikan oleh peternak murai batu untuk membuat murai batunya cepat bertelur. Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat pada rangkuman dibawah ini. Semua sudah kami rangkum dengan jelas untuk anda!
  • Pakan. Faktor pertama yang perlu diperhatikan agar murai batu cepat bertelur yaitu pakan. Pakan yang digunakan untuk murai batu tentunya harus pakan yang berkualitas. Pakan tersebut harus memiliki kadar protein dan energi yang tinggi. Jangan lupa juga memberikan pakan yang kaya akan kandungan kalsium. Untuk jenis pakan yang sangat direkomendasikan agar murai batu cepat bertelur yakni pakan kroto dan jangkrik. Atau anda bisa juga menggunakan ulat kandang. Yang terpenting dakam pemberian pakan untuk murai batu ini tidak boleh membatasi jumlahnya. Upayakan agar burung selalu merasa kenyang.
  • Pemberian obat atau vitamin. Pemberian obat atau vitamin ini juga harus anda lakukan agar murai batu cepat bertelur. Selain pakan, obat dan vitain ini juga berperan penting dalam proses reproduksi murai batu. Anda dapat emmberikan obat atau vitamin yang dapat merangsang FSH (Follikel Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone). Obat dan vitamin ini harus diberikan setiap hari sampai murai batu bertelur. Obat dan vitamin yang bisa anda berikan adalah semacama Metabolis, BMR, Testobiid dan Estobird.
  • Indukan. Selain kedua cara diatas, faktor lain yang harus kita perhatikan yakni indukan murai batu itu sendiri. Jangan sampai indukan murai batu yang kita gunakan tidak mendukung. Semisal indukan betina masih liar atau belum jinak. Tentu usaha kita dengan melakukan dua hal diatas akan sia-sia. Untuk itu, sebelum mempraktekan beberapa tips di atas pastikan indukan yang anda gunakan sudah benar-benar jinak atau bukan dari alam liar yang baru ditangkap.


Ittulah cara dan juga jenis pakan agar murai batu cepat bertelur. Yang perlu diperhatikan dalam semua langkah diatas adalah kondisi kandang yang kondusif dan mendukung untuk proses perkawinan. Apapun usaha yang kita lakukan jika kadang sendiri tidak mendukung tentu saja proses perkawainan murai batu otomatis akan sia-sia atau gagal.