Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ayam Joper Biar Cepat Besar Dan Mudah Di Dapatkan

Untuk membuat ayam joper cepat besar tentu saja kita harus memperhatikan aspek asupan nutrisi setiap harinya. Salah satunya yaitu dari jenis pakan yang digunakan. Banyak merek pakan yang bisa digunakan untuk ayam joper. Namun hanya beberapa jenis saja yang direkomendasikan agar ayam joper cepat besar.

Pakan ayam joper biar cepat besar memang sangat dicari oleh para peternak ayam joper itu sendiri. alasannya sangat masuk akal. Yakni agar ayam joper yang dipeliharanya cepat tumbuh besar. Akan tetapi perlu diketahui oleh para peternak bahwa penggunaan pakan ayam joper biar cepat besar saja tidak akan membuat ayam joper yang dipeliharanya cepat besar. Karena apabila teknik yang digunakan salah maka pakan ayam joper biar cepat besar tersebut tidak akan ada fungsinya.

Untuk mendapatkan ayam joper yang memiliki pertumbuhan pesat, sebaiknya ikuti panduan pemberian pakan dan juga jenis pakan ayam joper yang digunakan berikut ini.


Pakan Ayam Joper Biar Cepat Besar Dan Mudah Di Dapatkan


Pakan Ayam Joper Umur 1 – 25 Hari

Untuk ayam joper yang memiliki umur 1 – 25 hari, pakan yang digunakan adalah pakan jenis BR. Dengan konsentrasi pemberian pakan sebanyak 100%. Sehingga pertumbuhan ayam pada tahap awal ini akan maksimal.
Pada fase ini, tidak hanya terfokus pada penggunaan pakan ayam joper biar cepat besar. Melainkan memasang penerangan sekaligus penghangat kandang bagi ayam joper yang masih kecil. Hal ini juga bertujuan agar ayam memiliki penerangan pada malam hari. Sehingga masih bisa mencari makan pada malam hari juga.

Kemudian untuk pemberian airnya juga jangan asal. Yakni menggunakan air dari rebusan sayuran hijau. Semisal rebusan daun pepaya dan saun singkong. Air rebusan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan ayam joper dan juga menambah nafsu makan ayam. Tentu tidak akan ada gunanya apabila ayam tidak memiliki nafsu makan meskipun kita sudah menggunakan pakan ayam joper biar cepat besar.

Pakan Ayam Joper Umur 26 Hari Hingga 2 Bulan

Pada umur ini, ayam joper sebaiknya diberikan pakan konsentrat khusus pedaging sebesar 20%, jagung giling 30% sisanya dedak padi atau bekatul halus. Selain itu, pada umur ini sebaiknya dilakukan pengurangan lampu secara bertahap.


Pakan Ayam Joper Umur 2 Bulan Ke Atas

Pada umur 2 bulan ke atas, ayam joper diberikan pakan konsentrat daging sebanyak 20%, jagung 30%, dedak padi 40% dan sisanya diberikan sayuran sebagai tambahan vitamin untuk ayam joper. Selain itu, pada fase ini ayam joper juga membutuhkan suplemen, vitamin, mineral dan serat. Pada pemberian sayuran sebaiknya dalam ukuran kecil-kecil disesuaikan dengan mulut ayam joper.

Itulah jenis pakan ayam joper biar cepat besar. Sebaiknya  gunakan ransum diatas agar ayam joper yang anda pelihara dapat tumbuh dengan maksimal dan tentunya cepat besar.


Baca Juga : Ukuran Kandang Ayam Joper 100 Ekor Yang Ideal Untuk Skala Usaha