Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Sakit Mata Pada Ayam Joper Yang Di Rekomendasikan

Obat sakit mata pada ayam joper yang tepat sangat dibutuhkan ketika ayam ayam joper kita sedang mengalami masalah pada matanya. Banyak yang belum mengetahui apa saja obat sakit mata pada ayam joper yang biasa digunakan atau yang boleh digunakan. Oleh karena itu dalam informasi kali ini akan kami berikan informasi seputar obat sakit mata pada ayam joper yang direkomendasikan.

Lalu apa saja obat sakit mata pada ayam joper yang direkomendasikan ?
Berikut ini informasi yang dapat anda simak.


Obat Sakit Mata Pada Ayam Joper Yang Di Rekomendasikan

Obat Sakit Mata Pada Ayam Joper Yang Direkomendasikan

Biasanya penyakit mata yang sering menyerang ayam joper adalah korisa atau snot. Penyakit ini sering dijumpai dan sangat merugikan apabila sudah dalam kondisi parah. Oleh karena itu perlunya dilakukan pengobatan yang tepat agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar akibat penyakit mata pada ayam joper ini.

Untuk obat sakit mata pada ayam joper yang bisa anda gunakan adalah Tetraclor atau Trimezyn. Obat ini sangat direkomendasikan untuk ayam yang sedang menderita sakit mata korisa atau snot, anda bisa mendapatkannya di apotek atau di toko peternakan terdekat. Untuk dosis pemberiannya silahkan ikuti petunjuk pada tata cara pemakaian yang sudah tertera dalam kemasan.

Sebenarnya untuk mengobati sakit mata pada ayam joper atau penyakit mata pada ayam joper  tidak hanya cukup dengan memberikan obat saja. Tetapi ada beberapa tahapan yang juga harus kita lakukan. Sehingga bibit penyakit atau bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut dapat mati dan hilang.
Bagaimana caranya ?
Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Terlebih dahulu pisahkan ayam yang sakit ke kandang isolasi yang jauh dari kandang utama.
  • Setelah itu, bersihkan kandang utama. Jangan lupa untuk mengganti air dan juga mencuci tempat minum serta tempat makannya.
  • Tambahkan desinfektan pada air minum ayam di kandang utama maupun pada kandang isolasi.
  • Semprotkan desinfektan keseluruh kandang. Lakukan penyemprotan ini juga pada ayam. Khusus untuk ayam lakukan pada siang hari agar bulu ayam cepat kering.
  • Untuk ayam yang masih sehat lakukan vaksinasi untuk mencegah penularan.
  • Untuk ayam yang terserang penyakit, pisahkan dengan ayam yang masih sehat.
  • Berikan air minum khusus untuk ayam yang sakit, campur dengan obat sakit mata dengan dosis sesuai petunjuk penggunaan.
  • Jika ayam tidak mau minum sendiri, pegang ayam dan arahkan paruhnya ke air minum yang telah diberikan obat sebelumnya.

Baca Juga :




Itulah obat sakit mata pada ayam joper yang direkomendasikan dan juga cara tepat mengatasinya. Sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala pada kandang ayam joper anda. Sehingga ketika diketahui terdapat ayam yang terserang penyakit ini akan segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Dan tentunya mencegah terjadinya penularan pada ayam joper lainnya.