Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Ternak Ayam Joper Pemula Yang Terjangkau

Anda sebagai pemula tetapi ingin usaha ternak ayam joper ?
Tentu permasalahan yang paling utama adalah modal ternak ayam joper itu sendiri. Tentunya modal ternak ayam joper pemula sangat sulit dilakukan jika berskala besar. Dan jika dilakukan dalam skala kecil mungkin menurut kalian income atau hasil yang kurang maksimal.
Lalu bagaimana ?

Untuk kali ini, mengatasi masalah tentang modal ternak ayam joper pemula akan kami ulas secara lengkap  dengan berbagai pertimbangan. Secara umum modal ternak ayam joper memang cukup banyak. Sehingga perlu dipertimbangkan lagi untuk para pemula. Berikut ini 3 pertimbangan yang bisa anda baca terlebih dahulu sebelum masuk ke modal ternak ayam joper untuk pemula.
Sebagai pemula tentunya ada 3 pilihan yang bisa anda pilih. Diantaranya :


modal ternak ayam joper

1. Ternak Ayam Joper Skala Kecil

Pilihan pertama untuk ternak ayam joper pemula yaitu ternak skala kecil. Skala kecil bisa menjadi pilihan anda yang baru terjun di dunia usaha ternak ayam joper. Tetapi konsekuensinya memang hasil yang akan didapatkan tidak banyak. Dan jika anda pemalas, mungkin ternak usaha kecil ini justru sulit akan berkembang dikarenakan hasil yang akan diperoleh tidak seberapa.


2. Ternak Ayam Joper Skala Usaha Rumahan Atau Menengah

Ternak skala menengah ini kami rasa sangat cocok untuk para peternak ayam joper pemula. Pada skala ini tentu saja modal ternak ayam joper yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Untuk ukuran populasi ayam jopernya sekitar 100 ekor.
Dengan populasi sebanyak itu, kemungkinan besar income atau hasil yang akan anda dapatkan lumayan terasa sebagai pemasukan bulanan atau hasil usaha yang bisa dimanfaatkan.


3. Ternak Ayam Joper Skala Besar

Pada skala besar kami tidak merekomendasikan. Karena modal yang dibutuhkan sangat banyak dan anda belum memiliki pengalaman yang mempuni dalam memulai dan mengelola usaha ini. Populasi ternak ayam joper skala besar ini sekitar 1000 ekor.

Dengan berbagai rekomendasi di atas, tentunya kami menyarankan anda sebagai peternak pemula untuk memilih usaha ternak ayam joper skala menengah. Untuk modal usahanya akan kami berikan pada tabel berikut ini.


Modal Ternak Ayam Joper Pemula Yang Terjangkau (Populasi Ternak Ayam Joper 100 Ekor)


Item
Jumlah
Harga (Rp)
Total Harga (Rp)
Doc ayam joper
100 Ekor
6.300
630.000
Pakan (BR1)
4 Sak
350.000
1.400.000
Vaksin
-
100.000
100.000
Vitamin
-
36.000
36.000
Lampu bohlam
5
20.000
20.000
Tempat makan dan minum
-
150.000
150.000
Listrik
-
50.000
50.000
Total Biaya


2.386.000

Sementara untuk potensi keuntungan ternak ayam joper 100 ekor yang bisa kita dapatkan sebagai berikut :
Kemungkinan besar FCR ayam joper yakni 2,5
Sehingga didapat hasil panen sebesar 80 kg. Sedangkan untuk saat ini, harga jual ayam joper per kilogram mencapai 37 ribu per kilogram. Sehingga hasil yang akan anda dapatkan adalah 3,3 juta dalam sekali siklus panen (belum dipotong biaya produksi).

Jadi, untuk modal ternak ayam joper yang harus anda keluarkan adalah sebesar Rp 2.385.00,- belum termasuk biaya pembuatan kandang. Mengapa biaya pembuatan kandang tidak kami ikut sertakan dalam analisa modal ternak ayam joper ?
Hal ini dikarenakan biaya pembuatan kandang masuk kedalam biaya investasi. Dan kandang pun bisa anda gunakan tidak hanya sekali siklus pemeliharaan. Tetapi bisa digunakan untuk 3 -5 tahun ke depan.

Sementara itu, kemungkinan besar biaya diatas berbeda dengan kebutuhan biaya modal ternak ayam joper di tempat anda. Karena akan dipengaruhi oleh harga pakan dan juga harga DOC ayam joper itu sendiri. Untuk melihat harga DOC ayam joper bulan November bisa anda lihat pada link berikut ini Harga DOC Ayam Joper Terbaru