Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengobati Penyakit Ayam Badan Bengkak Yang Tepat

Penyakit ayam banyak sekali macamnya. Salah satunya penyakit ayam badan bengkak. Penyakit ini sebenarnya bernama Necrotic Enteritis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Clostridium Perfringens Tipe A dan C. Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Banyak para peternak yang menyebut penyakit ini sebagai penyakit ayam badan bengkak. Memang salah satu ciri-cirinya adalah terjadi pembengkakan pada badan ayam.

Bakteri yang menyebabkan penyakit Necrotic Enteritis ini merupakan bakteri gram positif yang hidup di sekum ayam dalam kondisi anaerob. Namun jika terjadi gangguan keseimbangan sistem pencernaan pada ayam, bakteri ini akan memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh bagian pencernaan ayam. Bakteri ini sangat berbahaya, karena pada saat perjalanan menuju saluran pencernaan, bakteri akan mengeluarkan toksin yang akan menyebabkan kerusakan pada mukosa usus. Disinilah yang akan menghambat penyerapan nutrisi, kekurangan darah, toksemia hingga menimbulkan kematian pada ayam.

obat ayam badan bengkak

Gejala awal penyakit ini yaitu ayam mengalami diare dengan kotoran encer berwarna merah kecoklatan (seperti warna buah pepaya) dan terkadang pada fesesnya terdapat campuran sisa pakan ayam yang tidak dapat tercerna oleh sistem pencernaan ayam itu sendiri. Biasanya berbentuk gumpalan-gumpalan kecil.


Baca Juga : Cara Menetaskan Telur Ayam Arab Dengan Mesin Penetas Telur Untuk Memulai Usaha



Untuk mengobati penyakit ayam badan bengkak bisa menggunkan metode 3-2-3. Artinya yaitu 3 hari ayam diberikan minum dengan obat , 2 hari tanpa obat lalu 3 hari lagi menggunakan obat. Sehingga total pengobatan adalah 8 hari. Obat yang bisa digunakan yaitu obat Sulfonamide dan Thiamine Antagonist (amprolium). Cara penggunaan serta dosis pemakaian obat sudah tertera pada kemasan.
Perlu diketahui oleh para peternak bahwa cara paling efektif untuk menanggulangi penyakit ayam badan bengkak yaitu dengan cara pencegahan. Penyakit ini biasanya adalah penyakit yang disebabkan karena bacterial. Sehingga dapat dilakukan pemberian antibiotika yang tepat untuk mencegah terjadinya penyakit ayam badan bengkak atau Necrotic Enteritis.

Baca Juga : Ukuran Kandang Ayam Joper 100 Ekor Yang Ideal Untuk Skala Usaha