Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Bulu Ekor Kucing Botak Agar Cepat Tumbuh Kembali

Memiliki kucing kesayangan memang mengasyikan. Terlebih jika kucing tersebut terlihat cantik dan indah. Tentu akan lebih menyenangkan bukan ?
Lalu bagaimana jika bulu ekor kucing botak dan terlihat jelek pada kucing kesayangan kita ?
Pastinya akan sangat mengganggu kan ?

Nah, hal ini banyak menjadi masalah dari para pecinta kucing. Dimana bulu ekor kucing botak dan susah untuk di obati. Mereka banyak yang menanyakan “bagaimana sih cara mengobati bulu ekor kucing botak dan rontok ?”
Tetapi masih banyak yang belum mengetahui cara mengobatinya. Bahkan ada yang asal-asalan dalam mengatasi masalah bulu ekor kucing yang botak. Semisal dengan cara mencukurnya atau menggundulinya. Tentu hal ini bukanlah cara yang tepat, justru jika kita menggunakan cara ini akan membuat kulit kucing mengalami iritasi.


Mengatasi Bulu Ekor Kucing Botak Agar Cepat Tumbuh Kembali

Sebelum kita mengobati masalah bulu ekor kucing botak karena rontok, sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu akar permasalahannya.
Biasanya bulu ekor kucing yang rontok sampai gundul (pitak) ini disebabkan oleh ektoparasit (kutu) dan cendawan fungal dermatitis. Cara mengobatinya adalah dengan memandikannya menggunakan shampo khusus kucing. Shampo yang digunakan sebaiknya shampo yang berbahan aktif mikonazol atau ketonazol. Sedangkan cara memandikannya cukup seperti memandikan kucing seperti biasanya. Hanya saja pada saat memandikan kucing yang terjangkit penyakit tersebut, biarkan busa yang berada pada tubuh kucing selama kurang lebih lima belas menit. Setelah itu barulah bisa di bilas menggunakan air bersih.

Apabila setelah dimandikan dengan shampo tersebut kulit pada ekor kucing terlihat memerah. Oleskan krim berbahan mikonazol nitrat dan hidrokortison. Oleskan secara tipis-tipis. Lakukan terus menerus hingga sepuluh hari. Sementara frekuensi pemberiannya yaitu sekali dalam sehari. Krim ini bisa dibeli di apotek terdekat.
Jika cara ini tidak mengatasi masalah bulu ekor kucing kesayangan kalian, segera bawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan. Agar mendapatkan penanganan yang lebih baik dan lebih tepat.



Baca Juga :



Itulah cara mengatasi bulu ekor kucing botak dan rontok yang bisa kalian terapkan pada kucing kesayangan masing-masing. Jangan lupa untuk terus merawat kucingnya yah. Biar kucing kesayangan kita semakin bersih dan terlihat cantik.