Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Jangkrik Dapat Terkena Penyakit ?

Mengapa jangkrik dapat terkena penyakit. Pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh para masyarakat maupun para peternak jangkrik itu sendiri. Padahal jangkrik sendiri sama dengan jenis hewan lainnya yang juga berpotensi untuk terserang penyakit.

Jawaban secara ilmiah mengapa jangkrik dapat terkena penyakit ialah karena pada dasarnya semua makhluk hidup di Bumi ini dapat terkena penyakit. Definisi penyakit sendiri adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Semua makhluk hidup pastinya memiliki rasa ketidaknyamanan seperti ini. Virus, Bakteri, Jamur, dan Parasit bisa menyerang Jangkrik sehingga memberi rasa ketidaknyamanan yang diberi nama penyakit.

penyakit jangkrik

Penyebab jangkrik terkena penyakit sendiri sangat banyak. Jika pada alam mungkin sudah dijelaskan dengan pernyataan diatas. Tetapi jika jangkrik yang memang sengaja diternakkan ada beberapa faktor yang menyebabkan jangkrik dapat terkena penyakit.

Mengapa jangkrik dapat terkena penyakit ?
Berikut ini jawabannya!


Penyebab Ternak Jangkrik Terkena Penyakit


Jangkrik yang diternakan tentu tidak bisa sebebas seperti di habitat aslinya alam liar. Jangkrik yang diternak menempati sebuah kandang dengan tingkat kepadatan yang luar biasa. Meskipun ketersediaan pakan jangkrik-jangkrik tersebut terjamin. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan jangkrik tersebut akan tetap terkena penyakit.

Penyebab utamanya tentu saja kondisi lingkungan hidupnya itu sendiri. Yang dimaksud disini adalah kandang. Apabila kondisi kandang tidak sesuai dengan habitat asli, maka sudah dipastikan jangkrik akan mengalami abnormal seperti yang telah disebutkan diatas. Dan akhirnya terserang sebuah penyakit.
Kondisi kandang yang dimaksud ini seperti kelembaban, kebisingan dan juga kebersihan itu sendiri. Sehingga para peternak juga harus jeli dalam menyikapi akan hal ini. Bahwasannya kandang jangkrik tidak diperbolehkan untuk dibiarkan begitu saja. Harus ada tata kelola yang baik . Sehingga nantinya jangkrik akan tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Itulah jawaban atas pertanyaan mengapa jangkrik dapat terkena penyakit. Saran kami untuk anda para peternak sebaiknya selalu memperhatikan kondisi kandang ternak jangkrik anda. Terutama untuk rutinitas dalam membersihkan sisa-sisa pakan jangkrik setiap harinya