Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Panen Ikan Gabus, Umur Ikan Gabus Siap Panen Dan Bobot Ideal Yang Diminati Pasar

Panen ikan gabus adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh pelaku pembudidaya ikan gabus itu sendiri. Umumnya umur ikan gabus yang siap panen biasanya sekitar 4 – 5 bulan tergantung pakan yang di berikan. Semakin tinggi protein yang diberikan tentu akan semakin cepat waktu panen untuk ikan gabus itu sendiri.


Masa Panen Ikan Gabus, Umur Ikan Gabus  Siap Panen Dan Bobot Ideal Yang Diminati Pasar


Untuk ukuran ideal konsumsi rumah tangga, ukuran bobot ikan gabus yang siap panen yaitu sekitar 500 – 600 gram per ekor. Sedangkan untuk bobot ikan gabus konsumsi sebagai  bahan baku empek-empek lebih idealnya yaitu 800 – 1.000 gram per ekor.

Saran sebagai pelaku pembudidaya pembesaran ikan gabus sebaiknya untuk memilih ukuran ideal bagi konsumsi rumah tangga. Sehingga anda dapat melakukan panen ikan gabus pada umur 4 – 5 bulan saja. Dengan ukuran benih yang ditebar berukuran 8 – 12 cm. Sedangkan kepadatan dalam kolam pembesaran atau biasa disebut sebagai padat tebar ikan gabus sekitar 50 – 100 ekor. Kepadatan ini akan optimal jika kedalaman air di kolam pembesaran ikan gabus sekitar 70 – 100 cm.

Untuk mempercepat pertumbuhan ikan gabus pada kolam pembesaran sebaiknya diberikan pakan dengan kandungan protein minimal 30% sebanyak 5 – 10 persen dari bobot biomassa ikan. Tetapi untuk hasil yang optimal pada pembesaran ikan gabus ini yaitu pada saat pemberian pakan dengan kandungan protein 35% sebanyak 5% dari bobot biomassa ikan.

Penggunaaan pakan ikan rucah atau pakan alternatif lain bisa dilakukan. Hanya saja jangan terlalu berlebihan. Karena daya tahan ikan gabus yang diberikan pakan alternatif terlalu banyak lebih rendah dibanding ikan gabus yang tidak diberikan pakan alternatif. Tetapi pakan alternatif untuk ikan gabus ini tetap kita perlukan untuk menekan biaya pakan harian dalam usaha pembesaran ikan gabus itu sendiri.

Kesimpulan :
  • Ukuran bobot ideal untuk ikan gabus siap panen yaitu antar 500 – 600 gram/ekor
  • Lama pemeliharaan ikan gabus sampai siap panen sekitar 4 – 5 bulan
  • Pakan terbaik untuk ikan gabus agar cepat panen yaitu mengandung protein 35 % sebanyak 5%  dari bobot biomassa ikan gabus itu sendiri
  • Pemeberian pakan rucah hanya di sarankan secukupnya saja, yaitu sebanyak 10% dari bobot tubuhnya



Itulah  informasi lengkap tentang masa panen ikan gabus dan bobot ikan gabus yang diminati oleh pasar. Yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan gabus ini yaitu terletak pada pemilihan bibit dan pemberian pakan. Kita tahu bahwa ikan gabus ini merupakan ikan karnivora yang memiliki tingkat kanibalisme cukup tinggi. Sehingga pemberian pakan tentu saja harus dilakukan dengan tepat. Sehingga dapat mengurangi tingkat kanibalisme yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan hasil panen ikan gabus.