Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Getah Pepaya Untuk Obat Mata Ayam Yang Dapat Mengurangi Biaya Produksi

Apa saja manfaat getah pepaya untuk obat mata ayam ?
Mungkin hal ini sering ditanyakan oleh para peternak ayam kampung atau ayam joper. Bahkan pemilik ayam aduan juga sering mencari informasi mengenai manfaat getah pepaya untuk pengobatan mata ayam. Untuk itu, dalam informasi kali ini akan kami berikan uraian tentang manfaat getah pepaya untuk obat mata ayam. Baik ayam kampung, ayam joper maupun ayam aduan.


Manfaat Getah Pepaya Untuk Obat Mata Ayam Yang Dapat Mengurangi Biaya Produksi


Penyakit Mata Ayam Yang Bisa Diobati Dengan Getah Pepaya

Getah pepaya untuk mata ayam ?
Bisa.
Penyakit pada mata ayam yang bisa diobati menggunakan getah pepaya ini yaitu penyakit mata ayam yang berair dan berbusa. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan atau bisa juga terjadi karena terkena pukulan benda keras. Biasanya ayam aduan sering sekali mengalami masalah ini pada saat selesai bertanding.

Meskipun sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini akan sangat mengganggu ayam itu sendiri. Yaitu pada saat makan dan juga pada saat bertanding untuk ayam aduan. Sehingga perlu diobati secara tepat agar penyakit mata berbusa dan berair dapat cepat teratasi.


Cara Mengobati Penyakit Mata Ayam Menggunakan Getah Pepaya

Selain praktis dan juga mudah ditemukan, mengobati penyakit mata ayam menggunakan getah pepaya sangat mudah. Untuk informasi lengkap cara mengobati mata ayam menggunakan getah pepaya sebagai berikut:
  • Ambil daun pepaya yang sudah tua
  • Setelah itu tambahkan air sebanyak 100 ml
  • Lalu remah-remah daun pepaya dan remas untuk diambil airnya saja.
  • Berikan pada ayam yang terserang penyakit sebanyak 3 kali sehari.
  • Teteskan pula ke mata ayam sebanyak 1 tetes setiap 3 kali sehari.
  • Jika setelah 3 hari kondisi ayam membaik, kurangi dosis pemberiannya.

Itulah getah pepaya untuk obat mata ayam yang bisa anda gunakan. Sebaiknya gunakan secara efektif jangan sampai berlebihan. Meskipun obat alami tetapi jika tidak diberikan secara tepat tentu juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan ayam itu sendiri. jika kondisinya tetap tidak membaik, silahkan untuk di berikan obat dari toko peternakan.